Tutorial

Ini Penyebab Tagihan Listrik Naik

Kita semua tau perangkat elektronik hadir untuk memudahkan kita dalam aktivitas sehari-hari, membuat kita nyaman dan juga dapat menghibur kita. Tapi kenyamanan semua itu harus kita bayar dengan tagihan listrik yang cukup tinggi. Perangkat yang menyebabkan tagihan listrik naik haruslah diperhatikan. Pilihlah perangkat listrik yang yang hemat energi, tidak menyerap banyak daya sehingga tagihan listrik murah. Saya akan menguraikan beberapa perangkat yang boros listrik dan menyebabkan tagihan listrik naik.

 

Mesin Pompa Air

Penggunaan pompa listrik membuat tagihan listrik naikJika anda menggunakan mesin pompa  di rumah Anda harus pinter-pinter memilih mesin Pompa karena mesin pompa air memiliki beragam jenis dan daya yang di butuhkan mulai dari 100 watt hingga 10.000 watt. sebelum membeli pompa air sebaiknnya kita harus memikirkan jenis mana yang pas sesuai dengan kemampuan daya di rumah kamu.

 

Lampu Rumah

lampu rumahLampu Rumah merupakan hal yang terpenting yang harus ada dalam rumah kamu. Karena lampu rumah berfungsi untuk menerangi semua sudut – sudut rumah kamu. Pemakaian lampu dalam jumlah besar akan membuat ruangan akan terasa panas hingga membutuhkan pendingin ruangan dengan energi yang lebih kuat. Hal ini dapat kamu tanggulangi dengan memasang lampu yang ramah lingkungan dan  dapat menghindari tagihan listrik naik di rumah.

 

Penanak Nasi

rice cookerUntuk menghndari tagihan listrik naik anda juga harus pintar memilih penanak nasi. Pilihlah penanak nasi yang dayanya kecil, dan gunakan penanak nasi  saat lagi dibutuhkan saja.

 

 

Setrika

setrika listrik

Setrika merupakan perangkat elektronik yang penting dan sering kamu gunakan untuk merapikan pakaian, perangkat ini sering dianggap sepele karena pemakaiannya sering tidak diperhitungkan. Akan tetapi, setrika listrik memerlukan daya sekitar 300 watt untuk setiap kali pemakaiannya. Untuk menghemat listrik, lebih baik kamu menyetrika dalam jumlah besar namun dengan intensitas jarang sehingga menghemat tagihan listrik.

 

Kulkas

kulkas listrikUntuk menghindari tagihan listrik naik, jangan taruh makanan yang masih panas kedalam kulkas. Ini disebabkan karena kulkas membutuhkan tenaga extra untuk mendinginkan makanan panas dan daya  yang di butuhkan oleh kulkas akan semakin bertambah.

 

Televisi

televisiTelevisi merupakan hiburan yang paling asik saat kita sedang istirahat atau melepas kelelahan setelah bekerja. Seiring dengan perkembangan teknologi televisi sudah memiliki banyak fiktur. Dengan kemudahan fiktur televisi biasannya kita menyalahkan televisi lebih dari 3 jam sehari. Hal ini perlu diperhatikan adalah daya televisi dan durasi pemakaiannya. Ada baiknya kamu menggunakan televisi ketika kamu ingin menonton, jangan sampai kamu lupa mematikan televisi saat kamu tidur.

Kompor Listrik dan Microwave

Microwave listrikKompor listrik menggunakan daya listrik yang sangat besar yaitu sekitar 850-2000 watt. Tentunya jika kamu sering memasak menggunakan kompor listrik, tagihan kamu akan membengkak. Oleh karena itu, sebagian besar rumah memilih menggunakan kompor gas dibanding kompor listrik.

Air Conditioner (AC)

air conditioner

Untuk menghemat listrik, jika anda akan keluar ruangan dalam waktu yang lama, pastikan bahwa AC sudah dimatikan. Atur suhu ruangan sesuai kebutuhan, usahakan udara luar tidak ada masuk ke dalam ruangan yang ber-AC karena udara luar yang panas akan membuat AC bekerja lebih keras dan membuat tagihan listrik naik.

Mesin Cuci

mesin cuciPenggunaaan mesin cuci harus sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai memasukan pakaian kotor melebihi kapasitas. Jika anda sering menyuci mengeringkan baju dengan, tagihan listrik anda akan naik. Oleh kare itu, dibanding menggunakan pengeringan mesin cuci, cobalah mengeringkan baju dengan cara menjemur di bawah sinar matahari.

 

 

sumber: sepulsa.com