Tutorial

Tips dan Trik Menggunakan Kartu Kredit Sebagai Fasilitas Transaksi Dalam Kegiatan Ekonomi Anda

Sistem keuangan (pembayaran dan pembelian) semakin maju dan canggih. Banyak sekali keunggulan dari sistem keuangan yang semakin diperbaharui ini. Salah satu produk sistem keuangan modern ialah sistem pembayaran cicilan atau hutang dimana kita lebih sering menyebutnya sebagai sistem kredit. Kredit merupakan salah satu sistem yang amat digemari oleh banyak orang saat ini. Sistem ini sangat memudahkan banyak orang dalam melakukan transaksi keuangan.

Sistem pembayaran menggunakan kredit memang sangat populer di sebagian besar masyarakat kita saat ini. Popularitas sistem pembayaran kredit disebabkan oleh berbagai macam fasilitas dan kemudahan yang diberikan sistem ini kepada para penggunanya. Salah satu kemudahan dan keuntungan yang akan diperoleh pengguna sistem pembayaran kredit ialah pembayaran yang dapat ditunda sehingga konsumen dapat menikmati barang atau jasa lebih awal. Selain itu, pembayaran yang ditunda ini memiliki jumlah bayar yang lebih kecil daripada jumlah bayar tunai.

Berbagai kemudahan dan keunggulan sistem kredit ini menjadi andalan utama bagi penggiat atau pengusaha sistem kredit untuk mencapai keuntungan. Namun demikian, pelanggan perlu mengetahui bahwa sistem perkreditan juga memiliki kelemahan-kelemahan atau justru kerugian yang harus dihindari oleh konsumen. Kerugian-kerugian ini dapat menyebabkan dampak kerugian finansial bagi para konsumen jika tidak diantisipasi dengan benar.

Hadirnya kerugian atau kelemahan dari sistem kredit ini menjadikan sistem kredit tidak sepenuhnya baik untuk konsumen. Oleh sebab itu, Anda – sebagai pengguna sistem pembayaran menggunakan kartu kredit – perlu memperhatikan tips dan trik menggunakan kartu kredit sebagai fasilitas transaksi Anda sehari-hari, sebagai berikut:

  1. Tidak Membayar Pada Minimum Payment

Pembayaran menggunakan kartu kredit menyediakan layanan pembayaran barang atau jasa pada level minimum pembayaran terkait. Pembayaran minimum (minimum payment) berarti bahwa barang atau jasa tersebut dapat Anda bayarkan dengan harga terendah sebagai bentuk DP atau cicilan awal pembayaran. Jika Anda membayar dengan metode ini maka Anda akan diuntungkan melalui jumlah pembayaran yang relatif kecil.

Namun demikian, pembayaran ini akan membebankan Anda di akhir atau periode pembayaran karena pembayaran akan bermuatan bunga. Pembayaran dengan muatan bunga ini akan cenderung lebih mahal. Oleh sebab itu, Anda perlu mempertimbangkan kembali penggunaan layanan ini.

  1. Ketidaktepatan Pembayaran Tagihan Kredit

Pembayaran tagihan kredit merupakan hal yang sangat penting dalam sistem kredit. Kartu kredit yang digunakan untuk melaksanakan sistem kredit harus diawasi penggunaannya. Penggunaan kartu kredit harus selalu diperiksa jumlahnya sehingga pembayarannya juga dapat dikontrol. Kontrol yang tepat dalam pemakaian kredit akan membuat Anda bisa secara tepat melakukan pembayarannya.

  1. Pengetahuan Yang Kurang Terkait Jumlah Hutang Kredit

Penggunaan sistem pembayaran melalui kredit sama halnya dengan sistem pembayaran menggunakan hutang. Anda yang membeli barang atau jasa tertentu memakai kredit berarti sedang melakukan hutang terhadap suatu badan usaha tertentu. Oleh sebab itu, Anda perlu mengontrol jumlah pemakaian hutang Anda sehingga Anda selalu tahu berapa jumlah yang harus Anda bayarkan.

  1. Pemakaian Limit Kartu Hingga Habis (Jumlah Saldo Nol)

Kartu kredit memberikan kemudahan bagi Anda dalam hal melakukan pembayaran hingga limit saldo Anda habis. Namun demikian, Anda sangat disarankan untuk menghindari hal ini. Jika Anda menggunakan limit saldo kartu hingga habis maka Anda tidak akan mampu membayar biaya administrasi bank peng-kredit.

  1. Penarikan Tunai Pada Layanan Kredit

Sistem pembayaran kredit memberikan sarana peminjaman dana tunai sesuai dengan jumlah saldo tersisa di dalam kartu kredit. Namun demikian, Anda jangan mudah terbuai dengan kemudahan pinjaman ini karena pembayaran atau pelunasan pinjaman ini akan lebih tinggi nilainya karena mengandung bunga.

Demikanlah tips dan trik yang perlu Anda perhatikan saat Anda melakukan peminjaman atau pembayaran menggunakan sistem kredit. Sistem kredit dapat menjadi pelicin usaha atau transaksi ekonomi Anda jika dimanfaatkan dengan cara yang tepat. Namun demikian, sistem kredit dapat membebani Anda jika Anda salah dalam memanfaatkannya.

sumber: Kompas.com