Berita Keuangan

Menabung Cara Terbaik Mengumpulkan Uang : Sedikit Demi Sedikit Lama-Lama Menjadi Bukit

Keuangan atau uang adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia sejak zaman dahulu. Sistem keuangan merupakan salah satu bentuk pembaharuan sistem tukar menukar barang atau barter yang sempat dilaksanakan oleh manusia sebagai kegiatan perekonomian. Di dalam sistem ini, manusia menggunakan alat pertukaran berupa selembar kertas atau sekeping logam yang dijamin oleh suatu benda berharga. Penjaminan oleh benda berharga inilah yang membuat lembaran atau kepingan uang itu bernilai.

Semakin lama, penggunaan uang sebagai alat tukar semakin meluas sehingga uang sudah menjadi kesepakatan bersama masyarakat ekonomi dunia. Kesepakatan bersama ini menjadikan uang sebagai barang yang sangat penting dalam sistem transaksi ekonomi yang dilakukan oleh manusia. Oleh sebab itu, penggunaan uang sudah banyak ditemui saat ini.

Sebagai barang yang nilainya akan habis dipakai maka pemakaian harus diatur. Pengaturan pemakaian uang ini dapat dilakukan dengan cara yang bermacam-macam. Anda dapat mengatur pemakaian uang dengan cara mengurangi atau menghemat pemakaian. Kedua cara ini merupakan cara yang sangat efektif untuk melakukan pengaturan pemakaian keuangan Anda. Dalam hal ini, penghematan pemakaian uang dapat disebut dengan menabung.

Menabung adalah salah satu cara yang efektif dalam menyimpan keuangan Anda.

menyimpan keuangan

Anda perlu membiasakan diri dalam menabung karena gaya hidup menabung adalah cara yang sangat berat untuk dijalani. Tingkat kesulitan dalam menabung ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain

  • Ketidakmampuan memilah barang-barang atau keperluan yang dibutuhkan atau diinginkan;
  • Ketidakmampuan menahan keinginan untuk membeli barang-barang yang kurang dibutuhkan;
  • Kurangnya kemauan untuk menyimpan sebagian uang ke dalam bentuk tabungan

Bagi Anda yang merasa kesulitan untuk menyimpan uang di dalam bentuk tabungan maka Anda dapat mencoba cara yang lebih ketat atau ekstrim dalam menyimpan keuangan Anda. Penyimpanan uang yang ekstrim ini dapat Anda lakukan dengan cara:

  1. Membuat Rekening Deposito Online

Pembuatan rekening deposito adalah salah satu cara penyimpanan uang yang cukup efektif untuk menabung. Pembuatan rekening deposito akan mensyaratkan Anda membuka tabungan dalam jumlah besar (sekitar Rp. 8.000.0000,- hingga Rp. 10.000.000,-). Pembukaan rekening yang besar ini akan membuat Anda dipaksa menyisihkan uang sehingga secara tidak langsung Anda sudah menabung.

  1. Membuka Tabungan Autodebet atau Tersimpan

Pembukaan rekening khusus tabungan atau autodebet merupakan cara lain untuk melakukan tabungan. Melakukan tabungan dengan cara ini berarti Anda akan diharuskan mengisi rekening tersebut. Pengisian rekening tersebut dapat Anda lakukan secara berkala sehingga Anda akan terbiasa menyimpan uang di rekening tersebut.

  1. Membeli Barang-Barang Investasi

Barang-barang investasi adalah salah satu menabung yang efektif. Menabung dengan cara ini akan membuat Anda menyimpan uang dalam bentuk barang, seperti: rumah, mobil, sepeda motor dan bentuk-bentuk lain. Pada dasarnya, menabung pada barang investasi harus Anda pertimbangkan terkait pemakaian barang tersebut di masa depan.

Kegiatan menabung merupakan sebuah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi Anda. Dengan menabung, Anda berarti sudah berada dalam langkah mempersiapkan masa depan. Menabung dilakukan dengan cara sedikit demi sedikit sehingga lama kelamaan Anda akan mendapatkan jumlah cukup banyak untuk keperluan Anda di masa depan.

sumber: kompas.com