investasi

Investasi : Bagi Persiapan Masa Depan Anda Yang Lebih Terang

Salah satu kegiatan yang mengasyikkan bagi kehidupan manusia ialah melakukan pengaturan ekonomi. Pengaturan ekonomi tidak harus dijalankan oleh ahli ekonomi saja melainkan semua orang harus memahami pelaksanaan pengaturan ini. Pengaturan ekonomi akan membantu seseorang untuk mengetahui keberadaan sumber daya yang ada di dalam dirinya maupun sumber daya yang keluar dari dirinya.

Keluar masuknya sumber dana dari dan ke diri seseorang akan dicatat secara berkala oleh diri sendiri. Pencatatan keuangan yang benar di dalam suatu sistem keuangan diri sendiri akan membuat Anda dapat memperkirakan kebutuhan di masa mendatang. Selain mengetahui atau dapat memperkirakan kebutuhan di masa mendatang, Anda harus melakukan forecast terkait kebutuhan di masa berikutnya. Kebutuhan ini dapat dilihat dari trend atau yang telah terjadi di masa sebelumnya sehingga Anda mendapatkan gambaran terkait penggunaan dana di masa depan.

investasi

Salah satu kegiatan perekonomian yang ditujukan untuk mengamankan sebagian uang dalam berbagai bentuk ialah investasi. Investasi banyak dilakukan oleh masyarakat untuk menyelamatkan uangnya dari pemakaian yang sia-sia dan kurang penting. Investasi sendiri – seperti yang telah dijelaskan sebelumnya – dapat ditanamkan melalui berbagai macam hal, antara lain: investasi modal, investasi rumah, investasi kendaraan, investasi emas, investasi usaha dan investasi-investasi jenis lainnya. Keberagaman jenis investasi ini dapat menjadi pilihan bagi Anda dalam mengelola keuangan.

Kegiatan investasi manusia biasanya bersifat multi years atau dapat dilakukan dalam jangka waktu lama. Oleh sebab itu, investasi tidak memiliki nilai habisnya karena penyimpanan barangnya juga digunakan secara bersamaan. Jenis-jenis investasi pun sangat bermacam-macam. Paling tidak ada 3 jenis investasi yang dapat Anda jadikan acuan dalam melakukan investasi, yaitu:

  • Investasi Saham atau Modal

Investasi jenis ini merupakan sebuah kegiatan penyimpanan uang di dalam bentuk saham atau modal usaha di mana uang dari modal tersebut akan digunakan untuk menjalankan suatu bisnis. Dengan investasi jenis ini, Anda akan memutar selalu uang Anda bersamaan dengan laba rugi yang didapatkan oleh usaha Anda.

  • Investasi Emas atau Logam Mulia

Investasi jenis ini merupakan investasi yang paling konvensional. Pada dasarnya, investasi emas ini adalah suatu langkah menyimpan uang di dalam batangan emas untuk disimpan atau dititipkan kepada lembanga yang berwenang. Investasi emas cenderung menguntungkan karena emas memiliki nilai yang cenderung naik setiap tahunnya.

  • Investasi Properti dan Kendaraan

Jenis investasi terakhir yang dapat Anda terapkan ialah investasi properti atau kendaraan. Kedua jenis investasi ini (properti dan kendaraan) adalah salah satu investasi yang paling rendah risikonya. Hal ini terjadi karena selain Anda menyimpan uang melalui barang-barang tersebut, Anda juga dapat memanfaatkan barang-barang tersebut sehingga nilainya tetap Anda rasakan

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai investasi yang dapat Anda terapkan. Jenis investasi masih sangat banyak dan Anda dapat mencarinya sendiri jika memang ada jenis investasi yang Anda rasa lebih meguntungkan bagi Anda. Salam sukses!

sumber : kompas.com