internet

Tarif dan Kualitas Penggunaan Internet di Indonesia: Sudah Optimalkah?

Di era digital seperti saat ini, penggunaan internet merupakan sebuah hal yang lumrah dilakukan oleh masyarakat. Masyarakat sangat sering mengakses dan bersentuhan langsung dengan internet untuk berbagai keperluan. Intenet sudah menjadi sebuah penyokong kehidupan manusia sehingga saat ini kehidupan manusia dan internet seperti sudah tidak dapat dipisahkan. Lalu apakah pengunaan internet saat ini – khususnya di Indonesia – sudah sesuai antara tarif dan kualitasnya?

internet optimalkah

Penggunaan layanan internet di Indonesia sudah semakin ramai dan padat. Banyak orang yang menggunakan internet untuk berbagai keperluannya. Selain itu, internet di Indonesia juga sudah menyentuh berbagai generasi lintas usia. Hal ini menyebabkan penggunaan internet yang makin tidak terbatas dan bebas. Oleh sebab itu, perlu adanya pengawasan tentang penggunaan internet di kalangan masyarakat, khususnya untuk anak-anak di bawah umur.

Beberapa waktu yang lalu, ada sebuah kritik sosial atau protes yang disampaikan oleh seorang pengguna internet melalui operator tertentu. Kritik sosial dan protes ini berkaitan dengan jaringan yang masih sangat sulit sehingga untuk melakukan kegiatan surfing masih sangat lama dan lemot. Selian dari sisi jaringan, internet di provider tersebut dinilai sangat mahal sehingga tidak dapat dijangkau oleh segala lapisan masyarakat. Oleh sebab itu, apakah penggunaan internet di Indonesia sudah efektif dan sesuai antara harga serta kualitasnya? Jawabannya sudah.

Penggunaan internet yang tergolong tinggi di Indonesia merupakan suatu fakta yang tidak dapat kita hindari. Sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan internet melalui berbagai provider telepon genggam. Untuk saat ini, penyedia jasa internet Indonesia memang dinilai memiliki tarif yang mahal. Selain taraifnya yang mahal, ketersediaan layanan internet di Indonesia juga memiliki konektivitas yang masih berada di bawah rata-rata. Oleh sebab itu, tidak heran jika kebanyakan orang menilai bahwa Internet di Indonesia memiliki tarif yang mahal.

Namun demikian, jika dilihat dan dinilai dengan standar layanan internet di negara lain, layanan internet di Indonesia masih tergolong murah. Internet di Indonesia memiliki koneksi yang di bawah rata-rata karena harganya pun masih di bawah rata-rata. Oleh sebab itu, hal ini perlu diketahui oleh seluruh pengguna internet di Indonesia bahwa Indonesia tengah terus mengembangkan layanan internet sehingga nantinya akan ditemukan layanan internet yang murah dengan koneksi yang cukup cepat.

sumber : kompas.com