Tutorial

Ini Dia! Hal-Hal Yang Harus Selalu Diingat Dalam Menikmati Fasilitas BPJS Kesehatan

bpjs kesehatan

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ialah suatu badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang pelayanan kepada masyarakat. Jasa yang ditawarkan oleh lembaga BPJS adalah program jaminan sosial sehingga masyarakat dapat merasa aman serta terjamin keberadaannya di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Selain itu, BPJS juga memudahkan pemerintah untuk mengobtrol pemasukan dan pengeluaran uang jaminan atau subsidi yang diberikan kepada masyarakat sehingga mudah dilihat efektivitasnya.

Secara umum, terdapat 2 jenis BPJS yang dikenal oleh masyarakat. Kedua jenis BPJS ini ialah BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Kedua program BPJS ini pada dasarnya memiliki inti usaha yang sama yaitu memberikan jaminan sosial bagi penerima program ini. Namun demikian, hal mendasar yang membedarkan antara 2 jenis BPJS ini ialah peruntukannya. BPJS Kesejahteraan adalah suatu jaminan sosial yang peruntukannya ialah kesejahteraan pekerja di dalam lingkungan pekerjaannya. BPJS Kesehatan merupakan suatu jaminan sosial yang peraturannya berkaitan dengan jaminan kesehatan masyarakat.

BPJS Kesehatan adalah layanan yang sangat diharapkan oleh kebanyakan orang dalam membantu pembiayaan dalam layanan kesehatan. Layanan BPJS Kesehatan yang menjadi favorit bagi masyarakat ialah layanan penggantian atau jaminan biaya pengobatan dengan kualitas layanan yang cukup baik. Dengan menggunakan fasilitas ini maka Anda dapat memperoleh pelayanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau namun memiliki kualitas prima.

Namun demikian, sebelum Anda mempergunakan layanan BPJS Kesehatan ini ada baiknya jika Anda mengetahui syarat dan ketentuannya. Syarat dan ketentuan utama daro program BPJS Kesehatan yang patut Anda pahami, antara lain:

  1. Pendaftaran BPJS harus menyertakan seluruh anggota keluarga

Pendaftaran BPJS kesehatan akan mensyaratkan Anda untuk mendaftarkan seluruh anggota keluarga yang Anda miliki. Pendaftaran seluruh anggota keluarga ini berkaitan dengan pemakaian layanan yang akan dinikmati oleh keluarga Anda. Daftar peserta yang dapat Anda daftarkan ialah yang sesuai di dalam kartu keluarga.

  1. Pendaftaran keluarga termasuk pada pendaftaran bayi yang belum lahir

Pendaftaran bagi bayi yang akan menjadi keluarga Anda dapat dilakukan semenjak bayi masih ada di dalam kandungan. Pendaftaran ini akan dibantu oleh dokter yang menangani atau bertanggung jawab terhadap kandungan Anda di dalam waktu pendaftaran.

  1. BPJS aktif dalam jangka waktu 14 hari pendaftaran

Pendaftaran BPJS kesehatan  akan memakan waktu untuk urusan administrasinya. Urusan administrasi di dalam BPJS akan diurus oleh lembaga BPJS itu sendiri. Dalam hal ini, waktu antara Anda memasukkan data hingga data Anda dapat digunakan serta aktif adalah dalam waktu 2 minggu kalender atau dalam waktu 14 hari.

Peraturan BPJS kesehatan adalah sebuah layanan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Anda dapat memanfaatkan layanan yang sangat baik ini untuk meningkatkan kualitas kesehatan diri Anda dan keluarga Anda.

Sumber : kompas.com