Tutorial

Bosan Dengan Gaji Segitu Aja? Begini Cara Meminta Pada Pak Boss.

kenaikan gaji

Kebanyakan karyawan yang bekerja lebih dari 5 tahun mengeluh tentang gajinya yang tidak ada peningkatan, tapi mereka juga takut jika mau bernegosiasi dengan atasan akan ditolak.  Kurangnnya persiapan informasi baik secara emosi dan fisik bisa menjadi salah satu alasan penolakan oleh pihak perusahaan. Berikut ini  beberapa tips yang bisa anda coba untuk membuat atasan setuju  tentang Kenaikan gaji anda.

Kumpulkan informasi tentang perusahaan

kumpulkan sebanyak mungkin informasi yang berkaitan tentang perusahaan, mencangkup kondisi keuangan, mencari persentase kenaikan gaji setiap tahunnnya dan apakah perusahaan mampu menaikan gaji karyawan. Lakukanlah survey kecil untuk mendapatkan informasi dan bahkan kalau bisa bicara kepada HRD dan ketahui penilaian perusaahan kepada anda. Jika perusahaan  sudah melebihi anggaran karena laba perusahaan mengalami penurunan, pemecatan karyawan(PHK) sebaiknnya anda menunda dan menunggu momen yang tepat.

Latihan sebelum meminta gaji naik

Berlatihlah sebelum bernegosiasi dengan perusahaan, persiapkan kata kunci yang ingin anda bahas dengan atasan, visualkan respon yang mungkin atasan  anda katakan dengan keluarga atau teman dekat anda, untuk mengurangi kecemasan anda jika sudah bertemu dengan atasan.

Buatlah daftar prestasi yang menunjukan keberasilan anda selama bekerja sehingga atasan dapat mempertimbangkan kenaikan gaji anda, temukan waktu yang tepat untuk anda dan atasan untuk bernegosiasi. Jangan mengadakan negosiasi saat bos sedang dikejar dedline atau perusahaan sedang di audit.

Bicarakan dengan atasan

Setelah anda sudah menemukan waktu yang pas, bicarakan dengan atasan anda, bawa hasil temuan tentang rata-rata gaji posisi anda saat ini (bawa data tersebut jika hal itu akan mendukung anda), menceritakan contoh spesifik yang menggambarkan kontribusi anda dalam meningkatkan aset perusahaan.

Mengusulkan tingkatan gaji

Menurut sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti Columbia Business School, Daniel Ames dan Malia Mason, tentang metode negosiasi, mereka membuat istilah “tandem anchoring,”. Kisaran angka terendah harus menjadi target harapan kenaikan gaji Anda, dan kisaran angka yang tinggi harus menjadi target ambisius untuk kenaikan  gaji anda.

Jangan takut bilang “Tidak”

kebayakan negosiasi gaji adalah pembicaraan penuh dengan intimidasi. Jika tawaran pertama anda di tolak, segera tenangkan diri dan kembali bernegosiasi. Sebaliknnya jika perusahaan menawarkan dengan lebih rendah, sebaiknnya anda tidak langsung pergi dan kembali bernegosiasi

Jangan bandingkan dengan perusahaan lain

Jika anda melakukan penawaran kenaikan  gaji usahakan  jangan bandingakan dengan perusahaan lain. karena keuangan perusahaan anda dengan yang lain itu berbeda, dan dengan menggunakan orang lain sebagai pembanding tentu mengasilkan argumen yang jelek, kepada perusahaan anda bekerja.

Jika perusahaan gagal memenuhi permintaan kenaikan gaji, maka anda harus mempertimbangkan alasan penolakan dan bersikap pragmatis, tapi tentu saja sebelum anda melakukan tips dan trik di atas pikirkan dulu dengan hati hati.

sumber :