investasi

Mengajarkan Si Kecil Untuk Hidup Hemat dan Bijaksana? Mulailah dari celengan

Sebuah kegiatan yang sangat banyak diminati oleh masyarakat di era sekarang ialah menabung atau menginvestasikan sejumlah uang ke dalam sebuah akun rekening bank tertentu dengan harapan untuk menjaga stabilitas keuangannya. Hal ini tentunya tidak salah bila dilakukan dengan tujuan yang benar – misalkan untuk keperluan masa depan, persiapan hari tua, dan laiin sebagainya – sehingga hasil yang akan didapatkan dari menabung itu akan menjadi lebih baik.

tabungan celengan

Jika Anda seseorang yang gemar melakukan kegiatan menabung pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah tabungan celengan atau tabungan yang merupakan tabungan konvensional. Tabungan jenis ini merupakan sistem menabung paling tua yang ada di dalam sistem perekonomian atau keuangan di sepanjang sejarah umat manusia. Dengan sistem ini, manusia diberi kesempatan untuk menyimpan sejumlah uangnya untuk keperluan di masa mendatang.

Praktik tabungan celengan adalah sebuah cara menabung yang paling sederhana. Cara ini dapat Anda kenalkan kepada anak Anda sehingga anak Anda dapat memahami bagaimana memiliki cara hidup yang hemat melalui menabung. Selain itu, mengajarkan anak dalam menabung dapat Anda mulai dari hal sederhana, misalnya: menyisihkan sebagian uang jajan mereka atau melakukan berbagai hal terkait dengan penghematan uang.

Mengenalkan Sistem tabungan Celengan dengan Lebih Mendalam Pada Buah Hati Anda

Tabungan celengan pada dasarnya merupakan sebuah tabungan yang terbuat dari berbagai macam bahan – biasanya dari tanah liat atau kaleng – lalu dilubangi di bagian atasnya untuk tempat memasukkan uang yang hendak disimpan. Kegiatan memasukkan uang ke dalam tabungan celengan ini diharapkan rutin sehingga Anda dapat memperkirakan uang yang Anda peroleh sejak mulai tabungan celengan hingga dibuka.

Melakukan proses tabungan celengan adalah suatu hal yang tidak mudah. Sama halnya saat Anda hendak membuka rekening tabungan di bank atau lembaga keuangan lain. Anda membutuhkan niat dan keinginan hati yang kuat. Selain itu, Anda membutuhkan komitmen yang cukup tinggi untuk mengisi tabungan tersebut sedikit demi sedikit sehingga lama kelamaan jumlah tabungan Anda akan semakin banyak.

Tantangan yang besar dalam menabung ke dalam sistem celengan harus Anda perkenalkan pula kepada putra atau putri Anda. Proses pengenalan tata cara menabung melalui celengan ini harus Anda lakukan secara internsif. Pada dasarnya ada beberapa langkah yang perlu Anda lewati dalam memperkenalkan kegiatan menabung melalui  celengan ini, antara lain:

  1. Mengenalkan cara menabung yang benar, yaitu: menyisihkan atau menyisakan uang yang dimilikinya
  2. Memasukkan uang yang telah disisihkan secara rutin sesuai dengan jadwal yang telah dibuat dan disepakati oleh orang tua
  3. Membuat perencanaan kapan uang di dalam tabungan celengan akan dibuka atau dipecah sehingga akan tahu berapa banyak uang yang harus disisihkan setiap harinya

Mengenalkan cara menabung yang cukup jelas kepada anak-anak Anda akan membuat anak-anak Anda menjadi pribadi yang rajin dalam menabung. Selain itu, mengajarkan anak-anak menabung melalui cara mulai celengan dapat membuat anak-anak Anda lebih bijaksana dalam mempergunakan uang di masa depan.

Kelebihan Menabung Melalui tabungan Celengan Bagi Buah Hati Anda

Menabung melalui celengan merupakan salah satu metode menabung yang paling populer di kalangan masyarakat. Dari berbagai lapisan usia, masyarakat sudah bisa mulai mengawai tabungan di dalam atau menggunakan celengan ini. Hal ini berati bahwa tabungan celengan menjadi salah satu metode menabung paling favorit di masyarakat. Selain itu, metode ini juga dapat dilakukan dengan mudah tanpa adanya persyaratan yang rumit.

Ada beberapa keunggulan dari sistem menabung melalui celengan daripada menabung melalui sistem bank. Keunggulan ini akan lebih terasa jika Anda mempraktikkan cara menabung ini kepada anak-anak Anda. Keunggulan-keunggulan tersebut antara lain:

  • Kemudahan proses atau tahapan memulai tabungan celengan daripada tabungan bank karena tabungan celengan tidak memerlukan syarat-syarat administratif yang rumit;
  • Penggunaan atau pengambilan tabungan ini mendekati nihil dalam artian bahwa tabungan ini akan sangat sulit digunakan oleh nasabah karena benar-benar tertutup;
  • Kualitas terjaganya uang lebih besar karena nasabah tidak bisa sembarangan mempergunakan uang-uangnya;
  • Jumlah uang akan relatif tetap dan cenderung bertambah bila diisi terus menerus karena tidak ada uang yang terpengaruh inflasi atau kondisi naik turunnya harga uang

Kualitas dan kemudahan yang ditawarkan oleh tabungan celengan inilah yang membuat tabungan celengan menjadi salah satu tabungan yang sangat sesuai dengan buah hati Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengajarkan anak-anak Anda terkait nilai-nilai kehidupan melalui proses menabung ke dalam celengan ini.