Tutorial

5 Langkah Pengelolaan Waktu Yang Jitu Bagi Anda Melawan Prokrastinasi

melawan prokrastinasiWaktu adalah suatu hal yang sangat berarti dan penting bagi umat manusia. Waktu juga merupakan suatu hal yang harus dikelola serta diinvestasikan dengan baik oleh manusia. Hal ini butuh dilakukan karena waktu merupakan suatu hal yang sangat terbatas pemakaiannya. Keterbatasan waktu ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  1. Dalam 1 hari, ketersediaan waktu hanya 24 jam sehingga harus dipikirkan serta direncanakan dengan baik penggunaannya. Dalam hal ini, 24 jam sehari harus dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang penting bagi manusia;
  2. Pemanfaatan waktu harus dipikirkan secara baik-baik karena jika Anda sudah mempergunakan waktu untuk suatu kegiatan maka Anda tidak akan dapat melakukan kegiatan lain pada waktu yang sama;
  3. Kurangnya persiapan atau pengelolaan yang baik untuk penggunaan waktu

Dengan kondisi serta keadaan dari nilai waktu yang sangat terbatas ini maka Anda perlu melakukan pengelolaan waktu. Salah satu hal paling utama dalam mengelola waktu ialah dengan melawan prokrastinasi yang kerap kali muncul di dalam kehidupan Anda. Melawan prokrastinasi adalah sebuah keutamaan dalam konsep pengelolaan waktu karena hal ini akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan efisiensi penggunaan waktu.

Prokrastinasi adalah suatu kebiasaan yang cukup buruk dari seorang manusia. Prokrastinasi atau kebiasaan menunda-nunda pekerjaan merupakan sebuah kebiasaan yang membuat pekerjaan tidak dapat selesai sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Kebiasaan ini kerap kali menghinggapi banyak orang tanpa terkecuali sehingga setiap orang harus mengetahui cara melawan prokrastinasi secara benar.

Pengelolaan waktu adalah salah satu langkah jitu untuk melawan prokrastinasi. Mengelola waktu berarti membuat perencanaan terkait waktu yang tersedia serta kegiatan yang akan dilakukan dalam jangka waktu tersebut. Pengelolaan waktu juga menuntut Anda untuk membagi-bagi ketersediaan waktu yang Anda miliki untuk berbagai macam kesibukan yang Anda harus lakukan dalam satu periode waktu tertentu. Hal ini tentunya bukanlah hal yang mudah karena akan banyak sekali terdapat massalah yang cukup sulit untuk diselesaikan. Namun demikian, hal ini tetap bisa Anda laksanakan jika Anda mau mempelajari langkah-langkahnya.

Secara umum, terdapat banyak sekali langkah-langkah yang dapat Anda terapkan dalam sistem manajemen waktu. Namun demikian, ada beberapa langkah khusus yang dapat Anda laksanakan untuk melawan prokrastinasi atau kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, antara lain:

  1. Membuat jadwal pengerjaan pekerjaan atau kesibukan dalam 1 hari

Langkah pertama dalam melakukan pengelolaan waktu yang dapat Anda terapkan ialah dengan cara membuat jadwal kegiatan yang akan Anda lakukan. Daftar kegiatan ini dimaksudkan untuk mengelola kegiatan-kegiatan utama yang hendak Anda kerjakan mulai dari pagi hari hingga malam hari. Dengan memiliki daftar kegiatan ini, paling tidak Anda memiliki panduan langkah dalam melaksanakan berbagai kegiatan Anda.

  1. Membuat daftar kegiatan sekunder (sampingan) yang akan dilakukan dalam 1 hari

Selain kegiatan utama (important task), Anda juga perlu membuat daftar kegiatan sekunder (secondary task) sebagai kegiatan sampingan Anda. Kegiatan sekunder ini merupakan kegiatan-kegiatan di luar kegiatan utama Anda pada hari itu. Kegiatan-kegiatan ini mencakup kegiatan hiburan, kegiatan sosial dan kegiatan lain sesuai dengan daftar prioritas Anda.

  1. Melaksanakan kegiatan sesuai dengan daftar kegiatan

Hal penting yang wajib Anda laksanakan dalam melawan prokrastinasi ialah melaksanakan kegiatan-kegiatan Anda sesuai dengan daftar kegiatan yang telah Anda susun. Daftar kegiatan merupakan bentuk komitmen dari diri Anda sendiri sehingga harus dilaksanakan sebaik dan setepat mungkin.

  1. Mencicil pekerjaan yang harus dikerjakan

Suatu kegiatan akan dapat Anda selesaikan sesuai tenggat waktu tertentu. Namun demikian, salah satu permasalahan yang sering terjadi dalam proses pengerjaan tugas ialah pekerjaan yang menumpuk. Oleh sebab itu, langkah utama untuk mengelola pekerjaan adalah mencicil pekerjaan sehingga pengerjaannya tidak habis dalam satu waktu tertentu melainkan terbagi secara proporsional sesuai daftar kegiatan yang telah Anda susun.

  1. Memberi reward system pada diri sendiri setelah pelaksanaan pekerjaan selesai

Hal ini merupakan hal baik yang dapat Anda lakukan kepada diri Anda sendiri. Memberikan hadiah atau reward pada diri Anda akan menambah motivasi Anda dalam mengerjakan dan menyelesaikan kegiatan-kegiatan Anda.

Demikianlah beberapa langkah melawan prokrastinasi yang dapat Anda terapkan. Anda dapat mencari langkah-langkah lain sehingga pengelolaan waktu Anda dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan pengelolaan waktu yang lebih efektif dan efisien maka Anda akan mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Selamat mencoba!