Tutorial

5 Trik Jitu Bisa Menabung Dengan Gaji Pas-Pasan

 

menabung dengan gaji pas-pasan

Salah satu sistem pengelolaan keuangan yang paling populer digunakan oleh masyarakat ialah menabung. Namun bagaimana jika Anda harus menabung dengan gaji pas-pasan? Apakah menabung dengan gaji pas-pasan merupakan hal yang mustahil? Berikut ini adalah langkah yang dapat Anda gunakan untuk memahami terkait cara menabung  dengan gaji pas-pasan:

#Hitung Jumlah Gaji Bulanan Secara Tepat dan Akurat

Saat Anda memperoleh gaji bulanan maka sebaiknya Anda melakukan perhitungan dengan tepat atas gaji tersebut. Perhitungan atas gaji ini dimaksudkan untuk mengetahui jumlah pemasukan yang Anda dapatkan. Berapapun jumlah yang Anda terima sebagai gaji Anda itu merupakan sumber dana yang sangat berarti bagi Anda untuk menjalani hidup.

Melakukan perhitungan gaji bulanan merupakan langkah awal dalam menyimpan uang . Gaji pas-pasan sendiri merupakan besaran gaji yang tepat berada di titik UMR (Upah Minimum Regional). Besaran upah ini sesuai dengan batas minumum kemampuan pemenuhan hidup masyarakat secara umum di suatu daerah. Oleh sebab itu, Anda perlu benar—benar memperhitungkan pemasukan UMR Anda sehingga Anda memiliki langkah untuk memulai menyimpan uang .

#Rencanakan Pemasukan dan Pengeluaran Secara Berkala

Langkah kedua yang dapat Anda terapkan dalam menabung  ialah dengan cara melakukan perencanaan pengeluaran dan pemasukan. Perencanaan ini harus bersifat berkala atau periodik sehingga Anda dapat mengetahui jumlah pemasukan dan pengeluaran yang akan Anda lakukan. Dengan demikian, Anda akan memiliki sisa dana untuk ditabung sebagai tabungan Anda walaupun gaji Anda pas-pasan.

#Turunkan Keinginan Untuk Membeli Barang Di Luar Kebutuhan Pokok

Sebuah hal penting yang harus Anda lakukan dalam menabung  ialah mengelola pengeluaran. Pengelolaan pengeluaran dapat Anda lakukan dengan cara menahan diri untuk tidak membeli barang-barang di luar kebutuhan pokok Anda. Dalam hal ini, Anda perlu membuat skala prioritas pembelian kebutuhan dimana Anda harus menempatkan kebutuhan pokok di tempat pertama. Jika kondisi keuangan Anda sudah stabil maka Anda bisa membeli barang sekunder atau tersier sesuai ketersediaan dana di dalam diri Anda.

#Buka Rekening Atau Akun Tabungan Khusus

Langkah penting lain yang harus Anda pertimbangkan dalam menabung  ialah membuka rekening tabungan khusus untuk melakukan penyimpanan dana. Dalam hal ini, rekenning khusus ini harus bersifat spesial karena Anda harus berkomitmen kepada diri Anda untuk tidak memakainya secara sembarangan.

#Jalankan Tabungan Sesuai Komitmen Diri

Menabung  harus disertai dengan komitmen diri yang kuat. Anda perlu berjanji dan menjalankan janji untuk tidak mempergunakan tabungan Anda dengan sembarangan sehingga lama-kelamaan tabungan Anda akan terkumpul dalam jumlah besar.

Demikian langkah sederhana yang dapat Anda terapkan bila Anda ingin menabung . Gaji yang terbatas tidak menghalangi Anda untuk melakukan pengelolaan keuangan melalui tabungan. Yang perlu Anda lakukan ialah mengelola keuangan dengan menabung.

[baca juga artikel terkait:Menabung Cara Terbaik Mengumpulkan Uang : Sedikit Demi Sedikit Lama-Lama Menjadi Bukit]