Tutorial

Penghematan Gaji Bulanan: 3 Pos Anggaran Yang Dapat Anda Efektif dan Efisienkan Penggunaannya

Sebagai pekerja, tentunya Anda akan mendapatkan bayaran atau gaji atas pekerjaan yang Anda lakukan. Bayaran pekerjaan yang Anda dapatkan dapat berupa bayaran bulanan maupun harian. Selain itu, jika Anda bekerja secara lepas (freelance) maka Anda akan mendapatkan bayaran dalam jangka waktu tidak tetap. Selain itu, bayaran yang bisa Anda dapatkan atas hasil pekerjaan Anda juga bermacam-macam besarannya. Namun demikian, bagaimanapun bayaran yang Anda dapatkan, Anda harus tetap melakukan pengelolaan atasnya. Salah satu cara pengelolaan gaji ialah dengan melakukan penghematan gaji bulanan.

penghematan gaji bulanan

Penghematan gaji bulanan melalui efisiensi pos anggaran ditujukan sebagai langkah tabungan bagi Anda. Dengan demikian, Anda bisa memiliki simpanan uang sebagai cadangan. Berikut ini 3 pos anggaran yang dapat Anda tekan dalam rangka melakukan penghematan gaji bulanan:

Pos Anggaran Makan/Konsumsi Bulanan

Pos anggaran rutin bulanan pertama yang dapat Anda tekan biayanya ialah pos anggaran makan atau konsumsi bulanan. Pos anggaran ini dinilai penting keberadaannya karena dengan adanya pos anggaran ini maka Anda dimungkinkan untuk memenuhi kebutuhan pokok diri Anda. Namun demikian, besaran harga untuk memenuhi kebutuhan ini sangatlah relatif sehingga Anda masih bisa melakukan penghematan di dalamnya.

Salah satu langkah untuk melakukan penghematan dalam anggaran makanan bulanan adalah dengan cara meningkatkan frekuensi pengolahan bahan makanan sendiri dan mengurangi frekuensi membeli makanan siap santap. Dengan mengolah bahan makanan sendiri maka Anda dapat menurunkan margin pembelian makanan sebesar 40% sehingga Anda dapat menghemat biaya makan lebih besar.

Penghematan biaya makan juga dapat Anda lakukan denganc cara mengurangi biaya yang akan Anda gunakan untuk membeli makanan-makanan yang berada di luar kategori makanan pokok. Dalam hal ini, pembelian snack, jajanan dan makanan-makanan ringan lain harus Anda kendalikan pengeluarannya sehingga Anda bisa menghemat.

Pos Anggaran Bahan Bakar

Pos anggaran berikutnya yang dapat Anda hemat pemakaiannya ialah pos anggaran bahan bakar. Bahan bakar merupakan hal penting dalam kegiatan Anda sehari-hari. Dalam hal ini, jenis-jenis bahan bakar yang sering Anda gunakan antara lain: minyak, bensin, LPG, dan lain sebagainya. Anda dapat merencanakan penggunaan bahan bakar ini di dalam kegiatan Anda sehingga pembeliannya pun bisa Anda tekan.

Pos Anggaran Biaya Komunikasi

Komunikasi adalah suatu hal yang penting di dalam kehidupan manusia. Oleh sebab itu, penggunaannya perlu dibiayai. Namun demikian, biaya komunikasi dapat Anda tekan sedemikian rupa dengan cara mengurangi intensitas penggunaan media komunikasi dan meningkatkan komunikasi verbal atau langsung. Dengan demikian, Anda dapat menghemat anggaran komunikasi di dalam pos anggaran Anda.

Ketiga pos anggaran bulanan di atas merupakan anggaran bulanan rutin yang dapat Anda hemat penggunaannya. Ketiga anggaran di atas adalah anggaran yang penggunaannya masih dapat Anda tekan dengan berbagai cara. Oleh sebab itu, dengan menekan ketiga pos anggaran di atas maka Anda dapat melakukan penghematan gaji bulanan Anda.

[baca artikel terkait:Kesulitan Menghemat Biaya Kos? Yuk Intip Cara Berikut]