Tutorial

Anda Tau Negeri sakura? ini 4 Tips Disiplin Waktu Yang Bisa Anda Contoh

Jepang adalah salah negara maju yang memiliki teknologi teknologi modern yang mungkin belum terdapat di Indonesia. Negara ini pun menjadi salah satu negara dambaan bagi setiap orang, apabila mereka diberi kesempatan untuk berlibur ke negara tersebut. Salah satu teknologi modern yang paling terkenal di Jepang ini adalah shinkanse atau nama lain dari kereta api di Jepang. Sebagian orang juga mengatakan jika Anda tidak mencoba shinkanse ini, maka tidak sah perjalanan Anda ke Jepang. Shinkanse ini juga terkenal dengan kereta tercepat yang disiplin waktu, sehingga kereta ini hampir tidak pernah mengalami keterlambatan.

disiplin waktu

Ngomong ngomong soal terlambat, tentunya hal ini berkaitan dengan waktu. Bagi orang Jepang, waktu adalah segalanya, mereka sangat menghargai waktu bahkan setiap detiknya. Nah, bagi orang Indonesia, tidak ada salahnya Anda untuk mencoba kita kita disiplin waktu ala orang Jepang, berikut ini.

 Waktu istirahat digunakan untuk istirahat

Sekarang, sebagian besar orang memiliki jam istirahat yang terbalik. Maksudnya? Nah jadi, dikarenakan pekerjaan yang super padat, ratarata orang Indonesia ada yang justru waktu istirahatnya pada saat pagi hari, sedangkan pekerjaannya dimulai dari sore hingga malam. Tapi tahukah Anda bahwa kebiasaan seperti akan berakibat buruk bagi tubuh Anda. Sebagaimana yang telah ditentukan, Anda harus menggunakan waktu kerja Anda untuk bekerja, tidak ada tunda menunda waktu maupun kegiatan yang dapat membuat waktu Anda terkuras. Jika Anda ingin menjadi orang yang sukses seperti orang Jepang, terapkan disiplin waktu ini.

Merasa malu, bila pulang lebih cepat dari waktu yang sudah ditentukan

Orang Jepang sering kali beranggapan apabila seseorang pulang dari kerja sebelum waktu yang ditentukan, maka akan dianggap sebagai orang yang tidak menghargai waktu dan tidak produktif di tempat kerja. Bagaimana bisa? Pelajaran selanjutnya dari Orang Jepang yang harus Anda lakukan, yaitu menggunakan waktu bekerja dengan bekerja sesuatu waktu yang telah ditentukan dan mampu untuk menghabiskan waktu di tempat kerja. Hal ini termasuk kedalam disiplin kerja, dimana Orang Jepang akan menilai dan mengukur tingkat kinerja seseorang melalui disiplin kerja dan waktunya. Apabila Anda pulang lebih awal dari rekan rekan Anda, maka kemungkinan besar seseorang akan memandang Anda sebagai orang yang tidak disiplin.

Bersikap disiplin waktu pada setiap hal

Selain disiplin dalam waktu ataupun kerja, orang Jepang juga memiliki kedisiplinan dalam setiap hal kecil. Apa saja sih hal kecil tersebut? Seperti membuang sampah pada tempatnya, memungut permen karet seseorang, apabila ada yang menempel ditempat umum, dan sebagainya. Namun, sangat disayangkan, sebagian besar orang Indonesia, kurang peduli dan disiplin terhadap hal hal kecil tersebut. Pasti Anda bertanya tanya, apa hubungan disiplin pada setiap hal kecil ini dengan disiplin waktu? Sebenarnya, hal ini untuk melatih Anda agar dapat bersikap disiplin mulai dari hal kecil.

Menggunakan sebagian waktu makan siang Anda untuk beristirahat

Di Jepang, waktu makan siang yang diberikan berkisar 60menit. Tapi, mereka tidak menggunakan 60menit itu hanya untuk makan siang saja. Karena, mereka sangat menghargai waktu, Orang Jepang akan menggunakan waktu makan siang yang tersisa untuk istirahat sejenak. Biasanya, mereka mengatur jam makan siang menjadi 2 bagian, yaitu makan siang selama 30 menit dan sisanya digunakan untuk istirahat. Hal ini bertujuan agar produktivitas Orang Jepang menjadi meningkat seiring dengan dilakukannya istirahat yang cukup bagi tubuh Anda. Tapi, jangan sekali kali mencoba hal ini, apabila di tempat Anda bekerja, tidak memungkinkan Anda untuk beristirahat. Jika waktu makan siang yang diberikan hanya 30 menit, gunakan waktu tersebut sebaik mungkin, jangan digunakan untuk membuang buang waktu Anda.

Apabila Anda ingin menjadi seseorang yang produktif dan memiliki disiplin waktu yang baik, Anda harus memilki niat untuk melakukan hal hal di atas. Walaupun sulit untuk dilakukan, namun, untuk membuat waktu Anda tidak terbuang percuma, biasakanlah diri Anda untuk bersikap disiplin setiap jam, menit, bahkan detiknya.

[baca artikel yang berkaiatan:Cara Memanfaatkan Waktu Luang Anda Menjadi Kegiatan Yang Produktif dan Menyenangkan]