Tutorial

4 Tips Super Mengatur Pengeluaran buat Para Istri

Biasanya di dalam keluarga, yang bertugas untuk mengelola keuangan rumah tangga adalah sang istri (ibu rumah tangga). Seorang istri harus pintar berhemat. Ia harus mengatur pengeluaran setiap hari, sehingga di akhir bulan, persediaan uang keluarga masih tetap stabil.

Inilah beberapa tips yang bisa kami bagikan kepada para istri untuk berhemat dan mengatur pengeluaran rumah tangga.

Mengatur pengeluaran buat para istri

#1. Catat Pengeluaran Dengan Teliti

Sebelum mengatur pengeluaran, ketahuilah dahulu apa saja pengeluaran keluaraga anda setiap bulan. Misalnya, seberapa banyak uang yang dipakai untuk biaya pendidikan, transportasi, makan di luar rumah, dan lain-lain. Nah, oleh karena itu, rajin-rajin lah mencatat pengeluaran anda setiap hari.

Dari catatan yang anda kumpulkan di bulan sebelumnya, anda bisa membuat perkiraan dan budget untuk bulan selanjutnya. Untuk menghemat uang, sebaiknya, budget untuk pengeluaran yang tidak tepat guna (seperti makan di luar dan nonton bioskop) bisa dikurangi dan dialihkan ke hal yang lebih berguna (seperti tabungan, biaya pendidikan, membeli makanan sehat).

#2. Pergi ke Pasar Tradisional untuk Belanja Rutin Bulanan

Buat para istri, jangan merasa gengsi untuk belanja di pasar tradisional yah, harganya bisa lebih murah dibanding dengan berbelanja di supermarket. Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa, dibanding supermarket, pasar tradisional kalah kebersihannya, tidak ber-AC, dan kurang mewah. Terkadang juga, para ibu lebih suka harga supermarket yang pasti, dibanding harus menawar ke pedagang pasar tradisional.

Jadi, untuk praktisnya saran kami adalah supaya para ibu belanja di pasar tradisional untuk belanja rutin bulanan (seperti untuk membeli beras, odol, sabun cuci, dll). Dalam satu bulan mungkin ada satu ada dua kali belanja besar. Nah, belanja besar ini lah yang dilakukan di pasar tradisional.

Kalau untuk pembelian yang sifat-nya hanya satu dua barang yang tidak rutin, sebaiknya beli di tempat yang terdekat dengan rumah (misalnya minimarket, atau supermarket). Jadi, gak perlu repot-repot pergi ke pasar tradisional. Terkadang, hemat waktu adalah lebih penting dibanding berhemat uang.

#3. Mengatur Pengeluaran dengan Hemat Listrik

Setelah anda mencatat pengeluaran setiap bulan, mungkin anda akan melihat bahwa salah satu biaya terbesar adalah membeli pulsa listrik setiap bulan. Listrik adalah salah satu pengeluaran yang bisa kita tekan dengan mudah. Caranya adalah:

  • Menyalakan AC dengan timer supaya mati secara otomatis. Jadi, tidak akan ada kasus anda meninggalkan rumah, tapi AC lupa dimatikan
  • Menyalakan AC pada saat-saat tertentu saja, tidak setiap hari
  • Matikan dispenser air panas kalau tidak dipakai
  • Pakailah lampu LED
  • dll

Walaupun para ibu berusaha untuk mengatur pengeluaran dengan mengurangi listrik, jangan sampai keterlaluan membiarkan rumah Anda dalam keadaan gelap gulita, yah!

#4. Kurangi Konsumsi Daging

“I’m a meat lovers!”. Daging memang enak, tapi ibu yang bijak tahu bahwa harga daging cukup mahal. Tapi, kalau kondisi dompet rumah tangga anda terjepit, sebaiknya anda mengurangi untuk makan daging. Coba variasikan menu anda dengan tahu tempe dan aneka sayuran lainnya. Kalau tidak cukup, tambahkan buah segar ke dalam diet harian anda.

Nah, selain berhemat uang, mengurangi konsumsi daging pun ada untungnya. Pencernaan anda akan lebih lancar, kesehatan mengingkat, dan anda dijauhkan dari berbagai macam penyakit. Kalau bosan dengan sayuran, bisa juga anda variasikan menu anda dengan ikan.

 

Ayo Berhemat!

Tidak ada kata terlambat untuk mengatur pengeluaran dan membuat gaji bulanan anda selalu cukup hingga akhir bulan. Kalau anda adalah seorang istri yang memegang kunci finansial keluarga, cobalah 4 tips kami di atas. Kalau anda punya tips-tips lain, silakan share di kotak komentar di bawah.

 

[artikel terkait : Penghematan Gaji Bulanan: 3 Pos Anggaran Yang Dapat Anda Efektif dan Efisienkan Penggunaannya]