Tutorial

Ingin Menjadi Anak Kost yang Efisien dalam Biaya dan Waktu ? Simak Tips dan Trik Berikut Ini !

Kuliah. Setelah mendengar kata ini pasti sebagian dari Anda ada yang berfikir “Ih, udah gak sabar banget nanti jadi mahasiswa, bisa bebas buat pergi kesana dan kesini, nongkrong bareng temen sesuka hati”, namun ada juga yang berfikir “Bosan di kos, mau nongkrong diluar, tapi uang bulanan nanti habis”, “Aduh lupa hari ini ada ujian, mana belum belajar lagi, coba kalau semalem gak pergi main, mungkin ada juga yang bertanya gmana ya cara berhemat uang dan waktu”.

berhemat

Namun, seiring waktu berjalan, pasti anda akan menyadari bahwa hal hal tersebut akan membuat waktu Anda terbuang dengan percuma dan uang pun akan habis dengan cepat. Tapi, Anda tidak perlu khawatir, simak dulu tips dan trik berhemat ala anak kos ini agar Anda dapat mengatur waktu dan uang menjadi lebih efisien.

# Hunting tempat wifi gratis di sekitar kost

“Eh, disini ada wifi nya gak yah?”. Pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan jika Anda berkunjung di sebuah restoran atau semacamnya. Bagi anak kos, yang hampir seluruhnya sangat menyukai nongkrong bareng teman, pasti nya akan memilih tempat tongkrongan yang memiliki wifi.  Tempat nongkrong di sekitar kos pun menjadi pilihan tempat favorit anak kos. Selain tempatnya dekat dengan kos Anda, terkadang tempat nongkrong disekitar kost memiliki fasilitas berupa wifi. Jadi, lebih baik Anda melakukan survey tempat nongkrong berfasilitas wifi di sekitar kos terlebih dahulu, dibandingkan harus ketempat yang jauh dari kos, yang tentunya akan menghalangi Anda untuk berhemat.

# Menggunakan sabun batang sebagai perlengkapan mandi

Tips dan trik berhemat ala anak kos selanjutnya, yaitu membeli sabun batang sebagai perlengkapan mandi Anda. Sabun batang dan sabun cair tentunya memilki perbedaan yang sangat terlihat pada harganya, dimana harga sabun cair lebih mahal dibandingnya sabun batang. Memang, jika dipikirkan lagi bahwa sabun cair mudah untuk dibawa kemana saja dan mudah untuk digunakan, serta kemasannya yang didalam botol membuat Anda tidak usah bingung lagi untuk menyiadakan tempat penyimpanannya. Tapi, jika Anda ingin berhemat, Anda tentunya harus memilih alternatif lain selain sabun cair, yaitu sabun batang. Sabung batang itu tidak kalah juga lho dengan sabun cair. Kenapa? Karena harganya yang murah dan bentuknya yang kecil menjadikan sabun batang cocok untuk anak kost, serta sabun batang ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Mulailah untuk mengganti sabun cair Anda dengan sabun batang.

# Memilih deterjen cair sebagai sabun pencuci pakaian

Menjadi anak kost juga mengharuskan Anda untuk mencuci pakaian sendiri. Untuk mencuci, pastinya Anda memerlukan deterjen. Deterjen pun banyak pilihannya, ada yang cair maupun bubuk. Nah, tips dan trik anak kos ini akan menyarankan Anda untuk menggunakan deterjen cair dalam berhemat. Deterjen cair lebih praktis dan penggunaannya yang hanya sedikit saja dapat memberikan busa yang cukup banyak untuk pakaian kotor Anda. Untuk lebih hemat lagi, belilah deterjen cair dengan kemasan sachet dalam satu renteng. Sekarang, deterjen cair dengan kemasan sachet sudah banyak diproduksi dan banyak terdapat di warung sekitar kos Anda. Hal ini juga akan menghemat waktu Anda untuk berpergian ke supermarket yang mungkin lokasinya agak jauh.

# Memanfaatkan pasta gigi yang sudah hampir habis untuk berhemat

Pasti gigi Anda sudah hampir habis? Jangan buru buru dibuang dulu! Anda pasti pernah merasa kesal setiap Anda mau menyikat gigi, tapi ternyata pasta giginya gak mau keluar, karena memang sudah habis. Namun, tahukah Anda sebenarnya itu belum sepenuhnya habis, lho! Cobadeh untuk menggulung kemasan pasta gigi tersebut hingga pasta gigi nya keluar. Sebenarnya pasti gigi yang Anda gunakan masih bisa di manfaatkan walaupun hanya ada sisa sedikit, tapi hal tersebut sangatlah berharga bagi anak kos yang sedang berhemat. Jadi, daripada langsung dibuang atau daripada beli yang baru lagi, cobadeh tips yang satu ini.

# Mengakali shampoo yang hampir habis

Lagi mandi, tapi shampoo Anda hampir habis? Jangan khawatir, yuk coba cara berikut ini!

Selain, pasta gigi yang dapat dimanfaatkan saat isinya sudah hampir habis, Anda juga dapat memanfaatnya shampoo yang sudah hampir habis juga. Caranya cukup simple dan mungkin sudah banyak orang yang melakukannya, yaitu dengan menaruh botol shampoo dengan posisi terbalik. Tunggulah hingga beberapa menit ataupun detik, isi shampoo tersebut akan jatuh menuju ke bawah tutup botol. Cara lain yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan mengisi botol shampoo dengan air. Jadi, cara yang mana yang akan Anda lakukan untuk berhemat?

Dengan melakukan tips dan trik anak kos tersebut, anda tidak usah khawatir untuk kekurangan uang bulanan ataupun mengalami kantong kering, karena tips dan trik berhemat ala nak kos tersebut dapat menghemat uang Anda, lho! Semoga berhasil, guys!