Berita Keuangan

Tips dan Trik Menghemat Uang Saku Kuliah Bagi Mahasiswa Perantau: Anti Bokek di Akhir Bulan!

Dalam status sebagai mahasiswa, seorang pelajar akan dituntut untuk menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab kepada hidupnya. Dalam hal ini, kemandirian yang dituntut oleh lingkungan sekitar mencakup berbagai macam hal. Salah satu wujud kemandirian dan tanggung jawab yang harus diemban oleh seorang mahasiswa ialah kemandirian dalam mengatur uang.

mengatur uang

Secara otomatis, ia akan diserahi tanggung jawab untuk mengatur uang saku kuliah dari orangtuanya sendiri. Selain itu, ia juga harus bertanggung jawab terhadap penggunaan uang tersebut. Namun bagaimanakah cara paling tepat mengatur uang saku kuliah bagi mahasiswa perantau?

# Melakukan pemetaan pemasukan setiap bulan (dari berbagai sumber)

Sebagai seorang mahasiswa – apalagi mahasiswa perantau – Anda tentu saja mendapatkan pemasukan rutin bulanan dari orangtua. Pemasukan rutin bulanan ini merupakan penghasilan bagi Anda. Jika Anda melakukan kerja sambil kuliah maka pemasukan rutin bulanan Anda juga akan bertambah. Oleh sebab itu, Anda perlu mencatat segala bentuk pemasukan yang datang kepada Anda sehingga Anda tahu modal Anda untuk hidup di satu bulan ke depan.

# Melakukan perencanaan pengeluaran keuangan melalui pos-pos anggaran

Setelah Anda mengetahui jumlah uang yang Anda miliki maka langkah selanjutnya ialah membuat rencana pengeluaran bulanan. Perencanaan pengeluaran ini sangatlah penting karena perencanaan inilah yang akan menjadi pedoman bagi Anda untuk mengeluarkan dana. Selain itu, Anda dapat mencatat pengeluaran yang berada di luar margin rencana pengeluaran sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan di bulan berikutnya.

# Mengurangi pembelian barang-barang yang tidak terlalu penting

Menahan keinginan untuk barang-barang yang tidak penting sangatlah krusial perannya. Anda bisa mengalihkan dana yang akan Anda gunakan untuk membeli barang-barang kurang penting itu ke dalam pos kebutuhan yang lebih penting.

# Menekan biaya kebutuhan sehari-hari

Selain menekan atau bahkan menghilangkan pembelian barang-barang yang kurang penting, Anda dapat menekan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari. Penekanan ini dimaksudkan untuk penghematan dana yang akan Anda gunakan satu bulan ke depan. Dengan menghemat dana maka Anda dapat menabung dan menyimpan uang sisanya untuk keperluan lain.

# Mencatat hasil penghematan setiap harinya untuk melakukan monitoring dalam mengatur uang saku

Hasil penghematan biaya sangatlah penting untuk dilaporkan. Anda perlu membuat catatan harian untuk mencatat hasil penghematan maupun pengeluaran berlebih sehingga Anda dapat membuat perencanaan keuangan selanjutnya.

Cara-cara mengatur uang saku kuliah yang telah dituliskan di atas merupakan sebagian kecil cara penghematan yang dapat Anda lakukan. Anda dapat melakukan cara lain yang menurut Anda lebih efektif untuk melakukan penghematan sehingga Anda terhindar dari kejadian bokek atau kehabisan uang di akhir bulan.

[Baca Artikel Terkait: Kesulitan Menghemat Biaya Kos? Yuk Intip Cara Berikut]