Tutorial

Kendalikan sifat gemar belanja Anda, dengan tips belanja berikut!

Siapasih yang tidak menyukai belanja? Baik pria maupun wanita tentunya menyukai belanja. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kegemeran belanja ini lebih didominasi oleh kaum wanita. Bagaimana tidak, produk produk yang semakin berkembang pesat membuat wanita mana saja akan tergiur untuk membelinya, apalagi dalam keadaan diskon atau sale. Tetapi, kegemaran belanja ini akan menimbulkan masalah serius jika Anda tidak dapat menahannya, lho! Salah satu masalah yang dapat ditimbulkan, yaitu impulse buying. Impulse buying (pembelian impulsif) ini merupakan sebuah kegiatan yang tidak direncanakan untuk membeli produk atau jasa.

tips belanja

Bagi Anda, yang sangat menyukai belanja sebuah barang yang kadang justru tidak Anda rencanakan untuk membelinya, Anda haru hati hati, karena kebiasaan seperti ini, malah akan membuat dompet Anda semakin menipis. Jika sudah terjadi hal seperti itu, ujung ujungnya pasti Anda hanya ada rasa menyesal yang tersisa, setelah membeli barang tersebut. Nah, untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan tersebut, apa yang harus dilakukan para wanita penyuka belanja ini? Langsung saja yuk, sist, untuk melakukan tips belanja ini!

Usahakan untuk mengurangi berpergian ke mall

Mall! Yap, siapa yang tidak menyukai pergi dan jalan jalan ke mall. Setiap orang pastinya pernah ke mall setidak nya sekali ataupun dua kali, apalagi hari weekend, pengunjung mall semakin bertambah setiap waktunya. Banyaknya  restoran yang menggiurkan lidah, tempat belanja yang nyaman dan diskon yang bertebaran menjadi pesona tersendiri bagi setiap mall. Tetapi, perlu Anda ketahui bahwa pergi ke mall tanpa belanja dan makan itu tidaklah sah. Nah, bagi Anda yang menyukai belanja, mungkin ini menjadi sebuah kesempatan ‘emas’ untuk belanja sepuasnya tanpa berpikir panjang. Tips belanja yang pertama ini akan menyarankan Anda agar berusaha untuk tidak menghabiskan waktu weekend Anda di Mall. Sebenarnya banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan jikalau weekend datang, seperti berkunjung ke rumah kakek dan nenek atau ke rumah orang tua bagi Anda yang sudah menikah atau hidup jauh dari orang tua, menonton bioskop bersama keluarga ataupun teman, mengerjakan pekerjaan rumah tangga, dll. Tidak ada salahnya kan untuk mencoba kegiatan kegiatan tersebut dibandingkan harus menghabiskan uang dan waktu di mall sepanjang hari.

 Buatlah sebuah list belanja

List, list, dan list. Jangan menganggap sepele sebuah list. Justru dengan membuat list, itu dapat mempermudah Anda dalam menentukan item apa saja yang kiranya sangat dibutuhkan untuk dibeli dan tidak hanya dibeli karena Anda “lapar mata” saja. Anda dapat membuat list / catatan yang berisi item yang diinginkan pada sebuah note sehingga pola belanja Anda menjadi lebih teratur dan kemungkinan terjadinya belanja over limit menjadi lebih kecil. Tips belanja dengan membuat list ini dapat juga dilakukan jika Anda ingin berbelanja melalui online shop. Sekarang, online shop sudah menjadi wadah berbelanja yang paling sering digunakan. Jadi, tidak ada salahnya untuk membuat list belanja, disaat Anda ingin berbelana melalui online shop. Tapi ingat yah, readers! Jika kamu menemukan item lainnya yang tidak terdapat di listmu, jangan tergiur untuk membeli item tersebut yap! So,thinking before you act!

Terapkan prinsip “cash only”

Tips belanja berikutnya akan menyarankan Anda untuk melakukan pembayaran dengan cash only ? Padahal bayar pake kartu kredit lebih enak dan mudah lagi! Pemikiran seperti ini sering sekali muncul di benak Anda. Namun, perlu Anda ketahui bahwa penggunaan kartu kredit malah membuat jiwa berbelanja Anda semakin meningkat, karena tagihan yang akan dibayar belakangan. Sehingga Anda tidak perlu repot repot untuk mengeluarkan banyak uang untuk membeli ini dan itu. Tapi, cobadeh kalau Anda belanja menggunakan uang cash pasti rasanya sangat berat untuk melepaskan uang uang tersebut dari dompet Anda. Daripada berakhir dengan ngutang dibank, alahkah baiknya untuk membiasakan diri membayar dengan uang cash.

Jadilah pembeli yang pintar atau be smart buyer, dengan menerapkan tips belanja tersebut kedalam kehidupan Anda. Jangan terlalu termakan dengan berbagai macam diskon yang ditawarkan oleh para penjual. Karena hal tersebut akan membuat uang Anda lebih mudah habis, tanpa adanya pengelolaan keuangan yang baik.