Tutorial

Masih Takut Belanja online? yuk Intip 9 Tips and Trik Aman Bebelanja online!

Berbelanja online merupakan sebuah kegiatan yang di gemari untuk saat ini di kalangan masyarakat dari remaja sampai dewasa. Kemudahan akses yang di dapat dari belanja online dan kelengkapan barang yang di tawarkan membuat para penggemar belanja online semakin hari semakan meningkat, tapi di balik peningkatan masyarakat berbelanja secara online, masih ada beberapa masyarakat yang masih takut untuk berbelanja secara online.

belanja online

Bagi beberapa masyarakat yang masih takut berbelanja secara online sihemat.com akan memberikan beberapa trick aman berbelanja online

1  Cari  situs web  yang relevan untuk belanja online

Situs web yang relevan di magsud adalah situs website yang sudah banyak di gunakan oleh kebanyakan orang saat berbelanja online, untuk menjamin belanja online yang anda lakukan aman dan lihatlah beberapa testimoni positif dan negatif yang ada di website untuk menambah kepercayaan anda, periksa juga no telpon si penjual dan hubungi dan pastikan situs web yang ada pilih popular, otentik dan dapat anda percaya.

2  Jangan tergiur dengan harga barang yang tidak masuk logika

Kebayakan masyarakat tergiur dengan harga barang yang terlalu murah, apalagi barang yang populer dan lagi trend di kalangan masyarkat, jika ada toko online yang menawarkan harga barang yang terlalu murah dapat anda curigai, karna biasannya harga barang tergantung dari kwalitas barang tersebut. dan kebayakan perusahaan tidak mungkin menjual barangnnya dengan harga rendah, karena itu akan merugikan mereka, kecuali jika penjual itu adalah penipu.

3 Pahami dan kenali kelengkapan produk yang anda beli

Sebelum anda membeli barang sebaiknya anda mengenali produk yang ingin anda beli, dengan cara  browsing di mesin pencarian google dulu  biar anda dapat mengenal tentang produk tersebut dan apa saja yang di sertakan oleh produk tersebut jika anda membelinya, selain itu upaya anda bisa mencocokan produk yang di jual sesuai atau tidak  dengan iklan yang di sediakan penjual.

4 Anda harus mengenali penjual

Disini anda harus sedikit cerewet/kepo untuk bertanya tentang produk yang akan anda beli, dengan mencari tau asal usul penjual, bagaimana barang jualannya, websitennya, testimoninnya, reputasi dan dll. Jika anda memilih penjual yang belum ada testimoni atau reputasinnya sebaiknnya anda berhati-hati.

5 Memberikan data logis yang diminta

Biasannya penjual  akan meminta informasi seperti nama, alamat, no kontak, usia, dan nomor kartu kredit tergantung pada jenis pembayarannya. Anda sebaiknnya tidak memberikan informasi pribadi terkait dengan transaksi tersebut karena dapat memberikan kesempatan  seseorang mencuri indentitas anda

6 Pertimbangkan cara pembayaran

Biasannya pembayaran di lakukan dengan kartu kredit, jika anda menggunakan kartu kredit biasannya anda punya bukti kuat bahwa anda telah melakukan pembayaran jika barang tidak di antar atau tidak sesuai dengan pesanan.

tpi karna kebanyakan pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan menggunakan sistem seperti COD, transfer kirim, atau pay pal dapat di pertimbangkan

7 Pembayaran COD  (cash on delivery)

Biasannya beberapa toko online yang sudah terpercaya pasti ada sistem cash on delivery, karena cara ini mempertemukan penjual dengan pembeli, pembeli dapat memeriksa langsung barang yang di beli, seperti kelengkapan, fisik barang, dan kualitas barang sebelum melakukan pembelian. cara ini juga merupakan cara yang paling aman agar tidak ketipu saat berbenja online. Jika seorang penjual gak mau atau gak bisa di ajak COD anda patut curiga kalau penjual tersebut adalah penipu

8 Menggunakan rekening bersama(rekber)

Rekber adalah suatu  jasa perantara antara pembeli dan penjual. biasanya rekber akan menjebatani proses jual beli, dengan cara uang yang anda transfer akan di tahan oleh pihak rekber, dan gak langsung sampai ke penjual sampai barang yang kita beli di terima. maka dari itu, sebaiknnya gunakanlah rekber saat transaksi jual beli online, dan carilah rekber yang terpercaya.

9 Periksa laporan rekening anda

Periksa saldo rekening anda setelah transaksi belanja online sehingga anda yakin bahwa uang yang anda bayarkan sesuai dengan jumlah yang di ambil dari akun anda. cek juga jangan sampai ada transaksi lain

jika anda membayar melalui kartu kredit, maka anda dapat menghubungi penerbit kartu kredit anda dan meminta transaksi informasi terbaru anda. hal ini untuk memastikan pedanggang megenakan biaya dengan benar dan bahwa tidak ada transaksi mencurigakan lain di account anda.

Tapi, bila Anda merasa lebih aman berbelanja ke toko offline ketimbang online, kenapa tidak langsung mendatangi toko pilihan Anda? Sebelum membeli, pastikan Anda membaca banyak informasi serta melakukan riset kecil tentang perusahaan tempat Anda akan membeli produk dan transaksi Anda akan berjalan lancar.

[baca juga artikel terkait :Kendalikan sifat gemar belanja Anda, dengan tips belanja berikut!]