Tutorial

Usaha Sampingan Yang Dapat Dikembangkan Oleh Mahasiswa

Zaman sekarang semuanya serba mahal dan segalanya membutuhkan uang, apalagi untuk mahasiswa yang jika dibandingkan dengan jenjang pendidikan lain, mahasiswa pengeluarannya cukup banyak. Sadar akan hal itu maka banyak juga mahasiswa yang mencari usaha sampingan  di tempat-tempat tertentu, namun terkadang usaha sampingan  ini membuat mahasiswa kehilangan waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas kuliah mereka karena kurang bisa membagi waktu dengan baik. Nah berikut ini adalah pekerjaan sampingan  yang cocok untuk mahasiswa.

Menjadi Seorang Blogger

usaha sampingan

Ternyata nge-blog juga dapat meghasilkan uang lho, nge-blog tidak hanya untuk hobi saja tetapi juga dapat menghasilkan uang. Kamu akan mendapatkan bayaran sesuai dengan banyaknya orang yang melihat blog atau iklan mu. Jika orang yang melihat iklanmu banyak, maka kamu akan mendapatkan uang jutaan hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya. bisnis ini merupakan usaha sampingan yang cukup keren karena anda akan terhubung dengan jaringan global.

Toko Online

usaha sampingan

Dengan adanya teknologi yang semakin berkembang maka dari situlah toko online atau online shop diciptakan, toko online pun lebih banyak dipilih oleh masyarakat untuk berbelanja karena kemudahan dan kepraktisannya. Jika anda mempunyai modal lebih, maka manfaatkanlah situasi ini dengan membuka toko online sendiri karena kita dapat mengelolanya hanya dengan menggunakan gadget yang kita miliki. usaha sampingan ini sangat cocok  untuk mahasiswa karena waktu belajar anda tidak akan terbuang karena pekerjaan.

Menjadi Freelance Fotografi

usaha sampingan

Anda mempunyai hobi fotografi? Tidak ada salahnya untuk menjadi freelance fotografi. Caranya cukup mudah yaitu dengan masuk kedalam salah satu situs freelance fotografi, lalu anda membuat akun disana. Jika sudah sesuai dengan kesepakatan maka pembeli jasa anda akan membayar foto-foto yang telah anda hasilkan. walaupun awalnnya hanya sebagai usaha sampingan sewaktu kuliah, namun bisnis ini memiliki peluang yang besar untuk masa depan anda setelah lulus kuliah.

Menjadi Penulis Freelance

usaha sampingan

Sama halnya dengan freelance fotografi, menulis freelance juga dapat menjadi usaha sampingan yang menguntungkan untuk mahasiswa yang ingin menambah uang sakunya. Cara menjadi penulis freelance juga hampir sama dengan freelance fotografi, bedanya adalah penulis freelance menjual tulisan-tulisan sesuai dengan keinginan client

Penerjemah atau Translator

usaha sampingan

Jika kamu menguasai bahasa asing maka tidak ada salahnya untuk kamu menjadi penerjemah atau translator. usaha sampingan  ini biasanya dilakukan untuk menerjemahkan suatu dokumen instansi atau perusahaan, atau menerjemahkan pembicaraan secara langsung. Gaji yang ditawarkanpun cukup menggiurkan yaitu anda bisa mendapatkan gaji ratusan ribu rupiah bagi penerjemah yang masih belum banyak memiliki pengalaman dan puluhan juta rupiah setiap bulannya untuk penerjemah yang sudah professional

Menjadi Entry Data

usaha sampingan

Saat ini banyak orang yang membutuhkan tenaga untuk mengetry data bagi perusahaannya. Pekerjaan ini memang cukup mudah untuk dilakukan, terlebih lagi bagi seseorang yang sudah berpengalaman dalam bidang entry data. Walaupun cukup mudah, ternyata honor yang kita dapatkan dari usaha sampingan  ini cukup menggiurkan yaitu ratusan ribu hingga jutaan rupiah setiap kali kita melakukan entry data

menjadi Vlogger

usaha sampingan

Vlogger adalah suatu usaha sampingan yang pekerjaan dilakukan sengan cara mengupload video kedalam suatu situs atau media sosial seperti youtube . Untuk mendapatkan uang dari pekerjaan ini dengan mengumpulkan viewer,subscriber ,dan iklan yang ada di video anda sebanyak-banyaknya, maka anda akan mendapatkan uang ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

usaha sampingan sebagai Pemandu Wisata

usaha sampingan

Anda menguasai public speaking yang baik? Jika ya, maka usaha sampingan ini cocok untuk anda. usaha sampingan  ini memang tidak sepenuhnya online, namun anda dapat mendaftarkan diri sebagai pemandu wisata, terlebih lagi jika kampus anda dekat dengan tempat wisata tertentu yang pastinya akan lebih memudahkan anda untuk melakukan pekerjaan sampingan ini.

Itulah usaha sampingan  yang dapat dikerjaan oleh mahasiswa untuk menambah uang saku. Meskipun pekerjaan sampingan diatas hanya bersifat paruh waktu, namun cintailah apapun itu pekerjaan anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya, selamat mencoba.

[baca juga artikel terkait : Menjadi Freelancer: 5 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Agar Penghasilan Anda Bertambah]