Tutorial

Tips Memulai Usaha untuk Pemula

Menjadi seorang wirausahawan memang tidaklah mudah, banyak hal yang perlu dipikirkan, diantaranya:

  1. Berani mengambil resiko.
  2. Memiliki modal yang cukup.
  3. Haruslah konsisten agar usaha yang dijalankan tetap lancar.

Berbeda dengan jenis pekerjaan lainnya yang membutuhkan jenjang pendidikan tertentu, untuk menjadi seorang wirausaha tidaklah terlalu mementingkan jenjang pendidikan asalkan orang tersebut mempunyai keberanian dan bahkan pengalaman.

memulai bisnis

Untuk kalian yang baru saja ingin memulai usaha, berikut adalah tips memulai bisnis untuk pemula :

#Mempunyai Niat

Seseorang yang ingin memulai bisnis  haruslah mempunyai niat yang kuat untuk membagun bisnis mereka, karena dari niat itulah kita dapat meyakinkan diri sendiri bahwa kita bisa untuk memulai bisnis.

#Tindakan

Seseorang yang mempunyai niat, namun ia tidak mempunyai tindakan untuk memulai bisnis, sama saja seperti angan-angan dalam mimpi yang tidak akan pernah bisa kita raih karena hanya berbentuk harapan yang kita sendiri pun tidak tau kapan itu akan terhujud  dan tidak melakukan tindakan untuk menggapai impian tersebut.

#Ide Usaha

Suatu usaha yang dibangun akan lebih baik lagi jika kita menyukai bidang usaha yang akan kita geluti. Karena jika kita tidak menyukainya sudah pasti memulai bisnis yang kita inginkan  tidak akan berjalan dengan lancar.

#Pelajari dari Ahlinya

Jika anda sudah menentukan ide bisnis, cobalah untuk mencari tahu dan mempelajari dari orang yang sudah berpengalaman dan juga sukses dalam menekuni bisnis mereka yang sejenis. Bahkan saat inipun sudah banyak orang yang membuka pelatihan-pelatihan khusus untuk membagi ilmu kepada orang lain yang ingin membuka bisnis.

#Modal yang Cukup

Banyak sekali orang-orang yang ingin membuka bisnis  namun masih terkendala oleh modal. Jangan panik dan jangan berkecil hati karena saat ini banyak koperasi peminjaman yang meminjamkan uang untuk usaha-usaha mikro dan untuk usaha makro dapat meminjam pada bank dengan persyaratan tertentu. Maka dari itu jangan menjadikan modal sebagai suatu alasan anda untuk tidak jadi membuka bisnis.

#Menjual Produk Bukan Harga

Janganlah anda menjual suatu produk dengan harga yang terlalu tinggi dan tidak sebanding dengan kualitas produk tersebut, dengan harapan bahwa anda akan mendapatkan untung yang besar. Ternyata itu salah, memang anda akan menjual dengan harga yang tinggi kepada konsumen,  namun produk anda tidak akan banyak yang terjual dikarenakan harganya yang terlalu tinggi dan dengan kualitas yang tidak sebanding dengan harganya, dan konsumen pun hanya coba-coba untuk membeli produk tersebut. Akan lebih baik jika anda menetapkan harga yang sesuai dengan kualitas produk yang akan anda jual.

#Menghargai Waktu

Gunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya. Janganlah anda membuang-buang waktu untuk kegiatan yang tidak terlalu penting. Waktu adalah uang atau biasa pepatah mengatakan “time is money”, sebaiknya jika anda mempunyai waktu luang maka pergunakanlah sebaik mungkin untuk mengatur bisnis  anda agar menjadi lebih baik lagi.

#Ikuti Teknologi

Sekarang zamannya teknologi, dimana orang-orang memanfaatkan teknologi untuk berjualan. Tidak ada salahnya untuk anda juga melakukan hal ini. Jika anda tidak mempunyai lapak untuk berjualan, maka anda dapat membuka online shop sendiri dan untuk anda yang sudah mempunyai lapak untuk berjualan, maka promosikan juga usaha anda di media sosial yang anda miliki.

kesimpulannya: Jangan pernah takut untuk memulai jika kita belum melakukan usaha tersebut. Tetap yakin dan bekerja keraslah agar usaha yang anda jalankan sukses, selamat mencoba.

baca juga : Liburan Menghasilkan Uang? Cobalah Beberapa Pekerjaan Berikut Ini!
investasi sederhana yang dapat kamu terapkan sejak dini