KPR

Ingin Memiliki Rumah Sendiri Sebelum Menikah, Berikut Tipsnya!

Memiliki rumah sebelum menikah adalah impian semua orang karena memiliki rumah sendiri akan memudahkan kita dalam beraktifitas, melakukan kegiatan rutin bersama keluarga kecil, setelah seharian beraktifitas istirahat di rumah sendiri adalah impian semua orang.

beberapa faktor yang menjadi alasan sebelu menikah harus memiliki rumah sendiri diantaranya:

  1. kawatir mulai sempitnya lahan
  2. meroketnya harga-harga properti setiap tahun

biasanya jika kita memiliki rumah sendiri akan membuat kita lebih madiri dan bertanggung jawab, dengan kita memiliki rumah sendiri otomatis kita menjadi kepala rumah tangga yang harus memenuhi kebutuhan rumah tangga, kebutuhan hidup, dan kebersihan rumah menjadi tanggung jawab sendiri.

rumah sendiri

jika anda ingin memeiliki rumah sendiri sebelum menikah anda bisa coba beberapa cara  yang di kutip dari liputan 6.com diantaranya:

Memiliki Tabungan

jjika anda ingin menabung untuk memiliki seuah rumah, usahakan anda membuat tabungan kusus , jangan pernah mengganggu tabungan tersebut untuh hal yang tidak terlalu penting, targetkan tabungan anda, konsistenlah menabung, dan tentukan kriteria rumah yang inin anda beli

Tabungan ini nantinya dapat digunakan untuk membayar down payment (DP) cicilan rumah serta tambahan dana pernikahan lainnya. Coba atur porsi menabung sebesar 30 persen dari gaji Anda agar impian itu segera tercapai.

Survei lokasi

surveilah lokasi perumahan yang ingin anda beli, pilih rumah yang harganya terjangkau. Anda juga bisa mempertimbangkan membeli rumah second yang harganya relatif lebih murah dibandingkan rumah baru.

Estimasi harga rumah incaran

perhitungkanlah kemampuan dana yang anda miliki sebelum memutuskan membeli rumah, misal anda siap memiliki rumah 2 tahun lagi sebelum memutuskan untuk menikah, maka anda harus mempersiapkan dana yang lebih besar dari harga rumah yang di inginkan saat ini, biasanya rata- rata kenaikan rumah mencapai 15-20% setiap tahunnya.

Pertimbangkan membeli rumah dengan kredit

Jika dana anda belum mampu membeli rumah dengan cara tunai, sebaiknya anda memperhitungkan mencari KPR.

untuk memiliki rumah dengan cara KPR, anda perlu membayar uang muka sebannyak 30% dari harga rumah. Setelah itu, Anda perlu mencicil dengan batasan 20-30 persen dari penghasilan setiap bulan.

Cek Bank

jika anda ingin membeli rumah melalui KPR, anda harus menentukan KPR apa yang cocok untuk anda; mana yang tidak memberatkan anda dalam pembayaran. jika anda ingin mendapatkan cicilan yang tidak terlalu mahal anda bisa melakukan survei mengunjungi semua bank yang menawarkan pinjaman KPR.

Jangan malu untuk keluar masuk berbagai bank swasta maupun negeri demi survei, karena dari sini Anda bisa tahu program KPR mana yang paling cocok dengan besaran gaji sendiri.

Gunakan KPR subsidi Pemerintah

Subsidi ini akan membuat Anda semakin mudah memiliki rumah. Selain cicilanya yang ringan, tenor peminjaman cukup panjang dan uang muka (down payment/DP)  lebih kecil dari KPR umum.

Dana Asuransi

anda bisa manfaatkan jasa asuransi kesehatan yang premi dasarnya bisa anda tarik lagi dalam 5 tahun kedepan. selain bisa membackup biaya kesehatan sehingga akan menghemat pengeluaran, anda akan di paksa menabung untuk beberapa tahun kedepan.

anda bisa mengikuti program asuransi kesehatan dengan dana nominal menegah. uang yang anda setor tiap bulan bisa di ambil lagi 5 tahun mendatang, memang biasanya uangnya akan terpotong tetapi cukuplah untuk biaya uang muka rumah impian anda.

Menabung emas

kenaikan harga emas berkiasr antara 2% hingga 4% per tahunnya. Perhatikan juga nilai tukar rupiah, karena harga emas akan naik dengan cukup senifikan ketika nilai tukar rupiah terhadap dollar melemah.

menabung emas adalah cara yang efektif anda lakukan jika ingin memiliki rumah sebelum menikah.

Kerja sampingan

jika uang gih anda tidak cukup untuk membiayai hidup dan angsuran, usahakan anda mencari kerja sampingan yang dapat menambah pengasilan anda, dan Atur seluruh keuangan secara bijak agar masa depan cemerlang.

Kendati tidak mudah, Anda bisa mempersiapkan sedini mungkin dengan menerapkan beberapa cara memiliki rumah sendiri  sebelum menikah,  Jika konsisten, niscaya  cita-cita Anda untuk membeli rumah sebelum menikah bisa dicapai

[Baca juga artikel terkait: Beberapa Pertimbangan Sebelum Mengajukan KPR!Ketahuilah]