Tutorial

Membuat Agenda Harian dalam pengaturan waktu

Berkegiatan di keseharian merupakan sebuah hal yang lumrah dilakukan oleh sebagian besar manusia. Hari demi hari dilewati manusia dengan berbagai macam aktivitas atau kegiatan yang membuat kehidupan berarti. Pada dasarnya, setiap orang ingin memanfaatkan secara optimal waktu yang dimilikinya sehingga semua kegiatan dapat dijalankannya dengan baik. membuat agenda harian merupakan sebuah aktivitas penting untuk mencatat atau memandu kegiatan Anda setiap harinya.

membuat agenda harian

Dengan agenda ini maka Anda bisa tahu kegiatan apa saja yang akan Anda lakukan dalam satu hari tanpa takut terlupa. Oleh sebab itu, berikut ini adalah tips dan trik dalam membuat agenda harian bagi Anda secara mudah dan praktis:

Tetapkan kegiatan-kegiatan utama Anda dalam 1 hari

Langkah pertama yang harus Anda terapkan dalam membuat agenda harian ialah menetapkan kegiatan-kegiatan utama yang akan Anda lakukan dalam 1 hari. Penetapan kegiatan-kegiatan utama ini sangat penting nilainya karena Anda akan tahu kegiatan apa saja yang akan Anda laksanakan. Usahakanlah kegiatan yang akan Anda jalankan tidak terlalu banyak sehingga Anda dapat membagi waktu dan menjalankan kegiatan-kegiatan tersebut dengan lebih fokus dan mendalam.

Buatlah rincian waktu pelaksanaan target kegiatan utama Anda dalam 1 hari

Setelah Anda menetapkan target kegiatan yang hendak Anda jalankan maka Anda perlu memberikan rincian waktu pelaksanaan terhadap kegiatan yang akan Anda jalankan. Rincian waktu pelaksanaan kegiatan ini penting nilainya karena Anda akan lebih jelas dalam menjalankan kegiatan-kegiatan Anda. Selain itu, waktu pelaksanaan kegiatan juga akan memastikan bahwa kegiatan Anda tidak ada yang terlewat satupun.

Tandai kegiatan-kegiatan yang sudah atau batal Anda laksanakan dalam 1 hari

Dalam pelaksanaan kegiatan harian, tentunya semua kegiatan tidak selalu berjalan sesuai dengan rencana. Dalam hal ini, Anda perlu menandai kegiatan-kegiatan yang telah atau belum Anda laksanakan. Tanda pada kegiatan-kegiatan ini bernilai sangat penting karena akan menjadi bahan evaluasi bagi diri Anda sendiri.

Lakukan evaluasi kegiatan yang belum terlaksana untuk dijadwalkan ulang

Setelah Anda mengetahui kegiatan yang batal Anda laksanakan maka Anda perlu melakukan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan tersebut. Evaluasi ini berlaku untuk diri Anda sendiri sehingga Anda tahu langkah selanjutnya untuk menyelesaikan kegiatan yang tertunda ini. Saat Anda dapat melakukan evaluasi dengan baik maka kegiatan Anda esok hari akan berjalan dengan lebih baik.

Laksanakan daftar kegiatan Anda dengan penuh semangat dan komitmen dalam membuat agenda harian

Secara umum, hal penting yang butuh Anda lakukan dalam pelaksanaan daftar kegiatan harian ialah melaksanakannya dengan penuh komitmen dan semangat. Dengan komitmen dan semangat maka kegiatan-kegiatan Anda akan dapat diselesaikan dengan baik.

Demikianlah 5 langkah sederhana yang dapat Anda praktikkan dalam membuat agenda harian. Tips dan trik di atas dapat Anda modifikasi sesuai dengan langkah yang sesuai dengan Anda. Diharapkan, Anda akan dapat mengatur kegiatan sehari-hari Anda dengan membuat agenda harian secara praktis dan sederhana.

[baca juga artikel terkait:Mau Tahu Cara Gampang Menghemat Waktu? Intip 3 Cara Jitu Ini!]