Tutorial

Tetap Bahagia Setelah Pensiun

Pensiun adalah pemberhentian kerja seseorang karena faktor usia yang sudah lanjut, pensiun ini dapat atas permintaan sendiri maupun memang sudah ketentuan perusahaan. Bagi seseorang yang telah memasuki masa pensiun dimana ia sudah tidak aktif lagi dalam kegiatan kantor secara tidak langsung biasanya ia akan memikirkan kegiatan apa yang akan dilakukan setelah ia pensiun.

kegiatan setelah pensiun

Biasanya kegiatan yang dilakukan adalah memulai dari berbisnis, namun dapat juga dilakukan dengan kegiatan lain. Untuk anda yang sedang memasuki masa pensiun dibawah ini adalah tips agar tetap produktif dan bahagia setelah pensiun :

Rencanakan Kegiatan setelah pensiun

Bagi sebagian orang, pensiun amatlah ditunggu-tunggu karena dapat menikmati masa tua dengan berbagai kegiatan yang menarik, karena disaat dulu bekerja hanya fokus pada pekerjaan tanpa memikirkan kegiatan yang lainnya. Maka mulailah untuk merencanakan kegiatan setelah pensiun anda datang.

Bersosialisasi

Saat anda bekerja, mungkin kegiatan bersosialisasi ini cukup jarang anda lakukan karena kesibukan anda dalam bekerja. Setelah anda pensiun cobalah untuk melakukan kegiatan bersosialisasi seperti bergabung dengan komunitas agama ataupun dengan komunitas lainnya yang bermanfaat untuk bertukar pikiran dengan orang lain dan juga dapat menambah pengetahuan anda.

Pola Hidup Sehat

Setelah pensiun tentunya kita akan lebih banyak untuk mempunyai waktu luang. Gunakanlah waktu luang anda untuk menjalani pola hidup yang sehat dengan berolahraga secara teratur, menghindari kebiasaan tidak sehat dan juga dengan mengonsumsi vitamin yang cukup agar kesehatan anda tetap terjaga.

Berbisnis

Anda memiliki modal lebih? Sebaiknya anda menjalankan bisnis yang sesuai dengan hobi dan keahlian anda. Saat pensiun bukan berarti kita sudah tidak bisa menghasikan uang, namun anda dapat mencoba berbisnis, seperti :

  • Bisnis sesuai dengan keahlian : anda mempunyai keahlian dibidang tertentu? Tidak ada salahnya untuk membuka usaha yang sesuai dengan keahlian anda.
  • Bisnis sesuai hobi : jika anda memiliki hobi yang anda lakukan terus menerus, maka anda pun bisa membuka usaha yang sesuai dengan hobi anda. Membuka usaha yang sesuai dengan hobi akan membuat anda senang untuk menjalankan usaha tersebut.
  • Membuka toko kelontong : tempat yang strategis menjadi salah satu hal yang bisa anda pertimbangkan untuk membuka usaha sebuah toko kelontong. Tidak harus anda yang menjaga toko tersebut namun anda dapat mempekerjakan pegawai disana.
  • Online shop : sudah banyak orang-orang yang menggeluti bisnis online shop. Dimana bisnis ini tidak mebutuhkan lapak untuk menjual produk yang akan anda jual. Berjualan dengan online shop pun tidak terlalu sulit, anda hanya perlu memantaunya dengan meggunakan gadget yang anda miliki, sangat mudah untuk dilakukan.
  • Bisnis property : bisnis ini dapat dijalankan bagi anda yang memiliki modal lebih, apalagi jika anda mendapatkan uang pensiun yang cukup besar dari prusahaan. Bisnis ini memang sedang naik daun karena selain modalya yang cukup besar, keuntungan yang bisa didapatkan pun juga besar.

Diatas adalah beberapa contoh usaha yang dapat anda coba, selain diatas masih banyak lagi kegiatan-kegiatan setelah pensiun yang dapat anda geluti

Istirahat yang Cukup

Seseorang yang telah pensiun dianjurkan untuk beristirahat yang cukup dan hindarilah kegiatan yang terlalu berat yang akan membuat anda menjadi terlalu lelah.

kesimpulannya:

Jadi seseorang yang telah pensiun, bukan berarti ia sudah tidak produktif lagi lho. Namun setelah pensiun kita sebaiknya melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk kehidupan kita kedepannya dan juga agar kita tetap produktif. Semoga tips mengenai tetap produktif dan bahagia setelah pensiun ini dapat menambah wawasan kita.

[artikel terkait baca juga : Kesulitan Menghemat Biaya Kos? Yuk Intip Cara Berikut]