Tutorial

Kesulitan Menghemat Biaya Kos? Yuk Intip Cara Berikut

Selain ibu rumah tangga yang harus mengelola keuangan bagi rumah tangganya, seorang anak kost juga harus mengelola uang bulanan mereka, agar uang bulanan selalu cukup hingga akhir bulan. Dengan mengelola uang bulanan secara teratur, Anda dapat menghemat biaya kos sehari hari.

menghemat biaya kos

Dalam menghemat biaya kos, Anda harus pintar pintar memanfaatkan uang bulanan yang diberikan oleh orang tua Memang sulit, untuk menghemat biaya tanpa adanya tips dan trik. Cobalah Anda simak tips dan trik menghemat biaya kos, berikut ini.

*Menghemat biaya pemakaian listrik

Bagi Anda, yang memiliki kamar kost yang belum termasuk biaya listrik, sebaiknya gunakan listrik seperlunya saja. Listrik merupakan salah satu sumber energi yang biayanya dibilang cukup mahal, jika Anda tidak melakukan penghematan dalam pemakaiannya. Biasanya kamar kost yang menggunakan AC akan memiliki tagihan listrik lebih tinggi dibandingkan kamar kos yang tidak menggunakan AC atau hanya menggunakan kipas angin. Hal lain yang terpenting dalam menghemat biaya kos  dengan menghemat pemakaian listrik, yaitu pastika lampu kedalam mati pada saat Anda tidak didalam kost atau pada saat Anda ingin tidur. Karena cahaya yang terlalu terang yang berasal dari lampu itu juga tidak baik bagi kesehatan mata Anda.

*Memiliki rice cooker

Jika Anda memiliki rice cooker di dalam kost, Anda sangatlah beruntung. Karena rice cooker ini dapat Anda manfaatkan selain untuk memasak nasi, dapat Anda manfaatkan untuk tempat memanaskan lauk pauk yang masih bersisa dan dapat juga untuk memasak sayur sup, mie, dll. Dengan adanya rice cooker, segala hal dapat mudah Anda lakukan. Apabila Anda malas untuk pergi membeli makanan di warteg, Anda dapat memanfaatkan rice cooker Anda. Jadi, jangan khawatir untuk menghemat biaya kos.

[baca artikel terkait: 4 Tips Super Mengatur Pengeluaran buat Para Istri]

*Internetan di kampus

Jika Anda merupakan pecandu internet, jangan buru buru dulu buat beli kuota!  Justru dengan membeli kuota untuk internetan, malah membuat uang bulanan Anda semakin menipis. Membeli kuota berarti bahwa kuota tersebut suatu saat akan habis lagi, sehingga Anda harus mengisi kuota Anda. Uang bulanan Anda dapat habis begitu saja hanya dengan membeli kuota yang harganya relatif mahal. Tapi tidak usah khawatir untuk jauh dari internet, Anda dapat memanfaatkan wifi yang disediakan oleh kampus. Selain menggunakan wifi untuk mengecek social mediai, Anda juga dapat memanfaatkan internet kampus untuk mengerjakan tugas kuliah, dll. Manfaatkanlah segala fasilitas yang telah disediakan kampus.

 

*Menjadikan warteg sebagai tempat makan favorit untuk menghemat biaya kos

Warteg atau yang lebih dikenal dengan warung tegal ini sudah menjadi tempat makan favorit bagi hampir seluruh mahasiswa. Selain harganya yang bersahabat, lauk pauk yang dijual di warteg, ratarata sesuai dengan selera Anda, dan kebanyakan lauk pauk tersebut sudah tidak asing lagi bagi lidah. Dibandingkan dengan mengkonsumsi fastfood yang harganya justru sangat mengurans dompet, ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan yang sederhana. Harga makanan warteg ini juga dapa menghemat biaya kost Anda. Tidak ada salah, jika Anda ingin memakan fastfood, tapi cobalah untuk tidak terlalu sering, apabila Anda benar benar ingin berhemat.

[baca artikel terkait:Belajar Menjadi Manusia yang Lebih Baik, Dengan Menghemat Uang Bulanan]

*Membeli perlengkapan kost yang dapat digunakan jangka panjang

Perlengkapan kost sangatlah penting, terutama perlengkapan untuk mandi. Terkadang, di pertengahan bulan, sabun atau shampoo yang Anda beli, justru sudah habis. Sehingga dalam sebulan Anda harus membeli sabun atau shampoo sebanyak 2x. Hal ini sangat disayangkan sekali, bukan? Nah untuk menghemat pembelian berkala dalam sebulan, Anda dapat membeli perlengkapan mandi yang berukuran besar, agar tidak cepat habis. Usahkan juga, untuk tidak terlalu boros dalam menggunakan sabun, shampoo, dll.

[baca artikel terkait: Menghemat Uang Untuk Nonton Konser Kpop? Ini Tipsnya!]