Tutorial

Menyelesaikan Kuliah dengan Tepat Waktu? Begini Caranya!

Setiap siswa yang lulus SMA/SMK sebagian ada yang memilih untuk bekerja atau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu universitas. Setelah kita memasuki universitas, biasanya banyak sekali tugas yang perlu diselesaikan, pergaulan yang semakin bebas dan terkadang juga mahasiswa mengalami kejenuhan, mengulang mata kuliah dan lain sebagainya yang menyebabkan penyelesaian kuliah mereka menjadi tidak sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. jika ingin lulus kuliah tepat waktu tidaklah sulit.

lulus kuliah tepat waktu

Berikut cara yang dapat anda terapkan agar dapat menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu :

Rajin Mengerjakan Tugas

Ini adalah salah satu cara utama yang anda bisa lakukan agar kuliah lulus tepat pada waktunya. Janganlah anda malas untuk mengerjakan tugas, karena tugas sangat mempengaruhi nilai anda, sesibuk apapun anda sebaiknya kerjakanlah tugas yang diberikan dosen.

Mengambil SKS

Pada semester awal memang biasanya universitas akan menetapkan SKS paket untuk mahasiswa baru. Jika anda sudah bisa menetapkan SKS per semester, maka sebaiknya ambillah 24 SKS setiap semesternya. Jika nilai anda baik maka anda hanya perlu menempuh sebanyak 7 semester untuk S1.

Berpikir Kedepan

Pikirkan cita-cita dan impian anda yang akan anda raih ketika anda menyelesaikan kuliah, berpikir kedepan juga memotivasi. Jika anda lulus kuliah tepat waktu maka anda akan lebih cepat untuk menggapai cita-cita yang anda impikan.

Pintar Memilih Teman Dekat

Anda memang boleh berteman dengan siapa saja yang anda inginkan. Namun untuk teman dekat sebaiknya pilihlah teman yang juga rajin, baik dalam mengerjakan tugas ataupun rajin masuk kuliah. Dengan cara seperti itu kita juga akan terbawa oleh kebiasaan teman kita. Akan lebih baik lagi jika anda dan teman anda mempunyai tujuan yang sama untuk lulus kuliah tepat waktu dan saling memotivasi satu sama lain.

Yakinkan Diri

Tidak jarang diantara mahasiswa pasti pernah merasakan yang namanya salah jurusan. Jangan menyesal karena memilih jursan yang salah, namun yang perlu anda lakukan adalah meyakinkan diri bahwa anda bisa menjalankan kuliah walaupun bukan pada jurusan yang anda inginkan, pecayalah bahwa ini jalan terbaik dan anda harus melewatinya dengan semangat. Karena jika anda tidak yakin dan tidak semangat, anda tidak akan menikmati kuliah anda dan akhirnya anda tidak lulus kuliah tepat waktu.

Ikut Bidikmisi

Dalam beasiswa bidikmisi, ada sebuah peraturan yang mengharuskan mahasiswa untuk memiliki minimal IP 3.00. Jika pada setiap semester IP anda minimal 3.00 maka anda dapat menyelesaikan waktu untuk lulus kuliah dengan tepat waktu.

Jangan Terlalu Sibuk Ikut Organisasi

Anda diperbolehkan untuk mengikuti organisasi namun janganlah terlalu sibuk untuk ikut organisasi karena waktu anda akan lebih banyak di organisasi, sehingga kuliah anda menjadi terbengkalai.

Hubungi Dosen atau Kaka Kelas

Jika ada suatu mata kuliah yang anda belum pahami, maka sebaiknya segera hubungi dosen ataupun kaka kelas yang menguasai mata kuliah tersebut, dan mintalah mereka untuk mengajari anda.

Menjaga Kesehatan

Saat kuliah mahasiswa dibebani oleh tugas yang begitu banyak dan juga kegiatan kampus lainnya, untuk itu sebaikya anda lebih memperhatikan kesehatan agar kuliah anda pun berjalan dengan lancar.

Nikmatilah setiap perjuangan menjadi mahasiswa, karena setelah menjadi mahasiswa kita dapat menggapai impian kita. Tetaplah terus belajar dan jangan mudah menyerah ya agar anda dapat menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu.

[baca juga artikel tarkait :Kesulitan Menghemat Biaya Kos? Yuk Intip Cara Berikut]