Tutorial

Tips Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Yang Baru Menikah

Setelah anda menikah ada beberapa pekerjaan rumah  yang harus anda selesaikan dengan pasangan, seperti memenuhi kebutuhan sehari-hari, merencanakan pembelian rumah, membeli perlengkapan rumah, serta mengatur keuangan bersama pasangan anda, belum lagi jika anda sudah memiliki seorang buah hati, kebutuhan yang harus anda penuhi akan mulai bertambah. Secara statistik, salah satu sumber perselisihan dalam rumah tangga adalah topik mengenai keuangan. Itu sebabnya, sangat penting bagi setiap pasangan untuk dapat mengatur keuangan rumah tangga dengan benar.

mengatur keuangan

Ada beberapa strategi yang dapat di lakukan oleh pengantin baru agar bisa mengelola keuangan dengan baik

Bicarakan mengenai mengatur keuangan anda dengan pasangan

Biasanya, uang merupakan topik pembicaraan  yang membuat canggung dan sifatnya personal untuk di bicarakan oleh pasangan yang baru menikah, tapi ingatlah topik ini sangat penting anda bicarakan, karena agar anda bisa menentukan strategi anda kedepan dengan pasangan untuk mengatur finansial keuangan anda di masa mendatang, agar membuat pernikahan anda menjadi sukses

Bicarakan jika anda memiliki masalah keuangan dengan pasangan.

Biasanya untuk pasangan yang baru menikah akan sangat sulit untuk membicarakan masalah keuangan yang Anda  miliki, sebaiknya utarakan semua masalah keuangan yang anda miliki kepada pasangan anda, apakah anda pernah atau sedang terlilit hutang, ataupun masalah keuangan sebelum menikah? hal ini harus anda utarakan kepada pasangan anda, jangan sampai ada rahasia tentang masalah keuangan anda ataupun pasangan, akan lebih baik jika anda diskusi dan mencari jalan keluar tentang masalah keuangan yang anda alami, dan hal ini akan membuat pernikahan anda menjadi lebih hidup.

Bagi kewajiban secara adil kepada pasangan

Tidak ada hukum yang mewajibkan pasangan yang sudah menikah untuk membuat segala urusan keuangan menjadi 1 atau 2, bila anda berdua bekerja, sebaiknya anda membagi kewajiban biaya rumah tangga secara secara adil, karena itu akan membuat anda tetap memiliki kebebasan  dalam mengatur keuangan anda masing – masing.

Menabung untuk masa depan

Masa-masa awal pernikahan memang indah, segalanya terasa menyenangkan, namun anda tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi di masa mendatang, sebaiknya sisihkan pengasilan anda untuk di tabung, karena jika ada masalah keuangan yang menjerat keluarga anda, anda dapat langsung mengatasinya dengan mengambil uang yang anda tabung.

Asuransikan diri dan keluarga anda

sebaiknya anda dan pasangan mulai memikirkan tentang kemungkinan masalah-masalah kesehantan yang akan menghampiri keluarga anda, ini bukanya untuk menakut-nakuti  tapi semua perisapan ini adalah untuk kemungkinan yang terburuk di masa mendatang dan pilihlah asuransi kesehatan yang menurut anda tepat.

Mulailah berinvestasi

jika anda memiliki uang lebih, sebaiknya anda membicarakan mengenai investasi dengan pasangan anda,  karena dengan berinvestasi anda dapat memenuhi kebutuhan finansial  keluarga anda di masa mendatang seperti perencanaaan biaya sekolah anak, pembelian rumah, serta perencanaan keuangan yang ingin anda targetkan kedepannya.

kesimpulanya: menciptakan situasi finansial yang stabil untuk kehidupan pernikahan Anda dan pasangan. Bila Anda disiplin dalam hal-hal seperti ini, dapat di pastikan kehidupan keluarga anda akan menjadi harmonis.

[baca  juga artikel terkait : 8 Tips dan Trik Cara Menghemat Uang Bulanan]

sumber: kompas.com