Tutorial

Tips Menghemat Biaya Rumah Tangga

Setiap orang yang telah berkeluarga pasti mengeluarkan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan sebelum ia berkeluarga. Apalagi sekarang barang-barang sudah semakin mahal dan termasuk juga dengan biaya sekolah anak yang terbilang cukup tinggi, mengharuskan kita untuk berhemat dan juga bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan dalam berkeluarga.

menghemat biaya rumah tangga

Bagi anda yang sulit untuk menghemat biaya rumah tangga, beberapa cara yang dapat anda terapkan di antaranya:

Menabung

Anda dapat menghemat biaya rumah tangga dengan Cara  memisahkan sebagian uang untuk keperluan rumah tangga dan juga sebagian lagi untuk ditabung sebagai antisipasi jika ada pengeluaran dana mendadak dengan jumlah yang cukup banyak.

Ada beberapa jenis tabungan yang bisa anda pilih secara umum diantarannya

  • Tabungan konvensional : tabungan yang paling di minati oleh kalangan masyarakat indonesia, karena tabungan ini dapat diambil kapan saja tanpa ada batas waktu penyetoran.
  • Tabungan Investasi : proses menyimpan sebagian  hasil pendapatan yang bertujuan untuk menambah nilai aset yang di miliki untuk kepentingan di masa mendatang. atau sebelas duabelas dengan tabungan berjangka, biasannya yang termasuk jenis tabungan ini antara lain deposito,tabungan rencana, saham, dan mata uang asing
  • Tabungan Haji : Biasannya di gunakan untuk melaksanakan hibadah haji. nasabah yang berencana naik haji di rekomendasikan memakai tabungan ini untuk memastikan keberangkatannya ke tanah suci
  • Tabungan Giro :tabungan giro semata-mata di gunakan buat transaksi bisnis, biasannya yang punya rekening ini adalah perusahaan. untuk bertransaksi, nasabah giro menggunakan cek dan buyet giro.

Hemat listrik

Biaya yang kita keluarkan untuk membayar tagihan listrik memang cukup besar apalagi disaat harga dollar semakin meninggi tarif daya listrik (TDL) pun juga meningkat. Cara-cara yang dapat kita lakukan agar menghemat pengeluaran listrik yaitu :

  • Menggunkan produk hemat energi : cara ini terbukti ampuh dalam menghemat pemaiakan listrik dikarenakan energi yang digunakan tidak sebanyak produk yang tidak hemat listrik.
  • Menurunkan daya listrik : semakin besar daya listrik yang ada dirumah anda, maka semakin besar pula tarif daya listrik per KWHnya, yang menyebabkan tagihan listrik anda selalu meningkat. Maka dari itu salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menurunkan daya listrik yang digunakan.
  • Disiplin dalam menggunakan listrik : disiplinlah saat menggunakan listrik, gunakan listrik hanya saat-saat penting dan saat dibutuhkan saja, dan juga matikanlah penggunaan listrik yang tidak diperlukan.

Membawa Makan dari Rumah

Saat bekerja anda sebaiknya membawa makanan dari rumah, selain dapat menghemat pengeluaran untuk makan, makanan yang anda kosumsi juga lebih higienis. Cara ini juga dapat anda terapkan kepada anak-anak anda.

Kurangi Belanja

Bagi wanita, belanja adalah suatu kegiatan yang mengasyikan, namun disaat anda berbelanja usahakanlah untuk membeli keperluan yang anda butuhkan saja. Jangan tergoda oleh barang diskon yang belum terlalu anda butuhkan, perlu diingat anda harus lebih mementingkan kebutuhan dibandingkan dengan keinginan.

Belanja di Pasar Tradisional

Belanjalah dipasar tradisional selain harga yang ditawarkan jauh lebih miring diandingan dengan supermarket, juga anda dapat menawar barang yang ingin anda beli sehingga dapat menghemat pengeluaran.

Minimalisir Biaya Transportasi

Gunakanlah transportasi umum saat anda akan berpergian atau bekerja. Karena jika anda menggunakan kendaraan pribadi maka anda diharuskan untuk membayar baya parkir yang cukup mahal. Namun jika tempat anda bekerja tidak terlalu jauh, anda dapat menggunakan sepeda atau berjalan kaki, selain berhemat juga dapat menyehatkan tubuh anda.

Bijak Gunakan Kartu Kredit

Bijaklah dalam menggunakan kartu kredit, karna kartu kredit dapat menjadi salah satu penyebab pengeluaran anda menjadi tidak terkendali. Gunakan kartu kredit hanya pada saat mendesak saja.

Masakan yang Tahan Lama

Jika anda memasak makanan, pilihlah masakan yang tahan lama. Kurangi untuk memasak makanan yang cepat basi. Untuk buah-buahan dan juga sayuran sebaiknya taruhlah dalam lemari es agar kesegarannya dapat tahan lebih lama.

Itulah 8 cara yang dapat anda lakukan untuk menghemat biaya rumah tangga. Bijaklah dalam mengelola biaya pengeluaran rumah tangga anda. Semoga cara tersebut dapat bermanfaat bagi anda, selamat mencoba.

 

[artikel terkait baca juga : Bosan Dengan Gaji Segitu Aja? Begini Cara Meminta Pada Pak Boss.]