investasi

6 Langkah Memulai Investasi Properti

Dari sekian banyak jenis investasi yang ada di indonesia, investasi properti merupakan investasi yang paling menjanjikan. kebanyakan masyarakat mulai tertarik mengalihkan investasinya  ke sector properti. investasi ini juga merupakan investasi yang paling menguntungkan di banding investasi aset lain.

investasi properti

menurut  Apartemen singapore  investasi properti di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya :

  • Investasi properti jauh lebih stabil dibandingkan saham yang dapat turun dengan cepat
  • Harga properti yang selalu cenderung naik sesuai dengan peningkatan ekonomi dan daya beli
  • Populasi yang terus bertambah dan tanah yang terbatas
  • Dapat menghasilkan pendapatan sewa. (Emas dan saham yang tidak membayar dividen tidak bisa menghasilkan pendapatan tetap)
  • Proteksi terhadap inflasi
  • Keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan bunga deposito
  • Mudah untuk diversifikasi

Investasi  properti memang sudah mencetak banyak investor yang sukses dengan profit yang begitu besar. Tak hanya berupa rumah, adapun dalam properti berupa apartemen, kantor atau bangunan lainnya.

Dengan melakukan investasi properti, maka Anda akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan uang tanpa harus bersusah payah dan melakukan beberapa pekerjaan yang berat.

Tapi walaupun begitu, bisnis properti ini tidaklah semudah seperti yang ada lihat. Hasil masksimal dari bisnis properti ini sangat tergantung kepada strategi yang Anda jalankan. dan modal yang harus anda keluarkan untuk investasi properti ini juga sangat besar.

Untuk membantu Anda memulai perjalanan investasi ini, berikut 6 langkah untuk memulai investasi di dunia properti:

Mencari informasi tentang investasi properti

Sebelum anda terjun ke dunia investasi  properti sebaiknya anda mencari banyak informasi mengenai resiko, problem-problem yang mungkin timbul saat anda sudah memiliki properti.

Jika memungkinkan bekerjasamalah dengan agen penjual rumah atau broker properti untuk mengetahui mengenai suku bunga, kenaikan harga properti, harga sewa jika anda mau menggunakan pembiayaan dari bank maka bandingkanlah suku bunga kredit bank yang satu dengan yang lainnya carilah yang paling kompetitif.

Tentukan tujuan investasi

Menentukan tujuan merupakan suatu langkah paling penting jika anda ingin memulai investasi di bidang properti, yaitu anda harus terlebih dahulu menetapkan apa tujuan yang ingin anda capai. lalu langkah penting selanjutnya adalah ada perlu mengatur tanggal, waktu, dan kapan investasi anda harus mencapai tujuan tersebut.

Karena kebanyaan orang yang ingin berinvestasi di bidang properti hanya bertujuan untuk mengamankan masa depan keuangan mereka, tetapi tidak memperhatikan dan mengatur tanggal dan waktu. sehingga yang terjadi adalah hasil yang tidak sesuai harapan dan timbul penyesalan yang manganngap investasi properti tidak menguntungkan.

Memahami resiko yang mungkin akan muncul

Semua jenis investasi pasti memiliki resiko tidak terkecuali investasi properti, jika anda ingin berinvestasi di bidang properti sebaiknnya anda memahami resikonya maka agar lebih mudah untuk melakukan keputusan dan menentukan stategi anda selanjutnya.

Membuat anggaran investasi

Agar anda dapat menyeimbangkan  pendapatan dan pengeluaran saat melakukan investasi sebaiknnya anda harus membuat  anggaran. karena dengan begitu anda dapat melihat berapa anda telah mengabiskan uang dan mendapatkan berapa banyak pemasukan dari investasi anda untuk kedepannya.

Membuat rencana pembelian yang ideal

Sebelum anda melakukan investasi sebaiknya anda  merencanakan dulu pembelian yang ideal untuk anda.

beberapa contoh dari rencana pembelian yang ideal menurut kompas.com sebagai berikut:

  • Menentukan stategi investasi
  • Menentukan kriteria properti
  • Mencari properti yang sesuai kriteria
  • Melakukan survei
  • Mengecek harga properti apakah sudah tepat
  • Lihat peluang dari kawasan sekitar properti
  • Melakukan penawaran dan bernegosiasi

Tetap fokus pada investasi anda

memang susah melakukan hal yang baru dengan tanggung jawab yang begitu besar. tapi usahakan jangan pernah menyerah. fokus merupakan kunci utama agar investasi di bidang properti anda berjalan dengan lancar. karena jika anda fokus menggeluti investasi properti tersebut. anda akan dapat merasakan keuntungannya di masa mendatang karena jangka waktu investasi properti biar modal yang anda pakai dapat balik ketangan anda butuh waktu agak lama sebelum anda menikmati hasil yang konsisten kedepannya.

[artikel terkait : 5 Investasi Modal Kecil Yang Menguntungkan Bagi Pemula!]