listrik

Hal Yang Perlu Di Perhatikan Jika Ingin Memangkas Tagihan Pulsa Listrik!

Kenaikan tarif dasar listrik  pasti akan membuat tagihan listrik rumah anda juga akan bertambah, dalam setahun tarif dasar listrik (TDL) bisa naik beberapa kali sehingga menambah besar pengeluaran,  apalagi  ketika anda membeli pulsa listrik, anda akan dikenakan biaya tambahan seperti:

  1. Biaya administrasi sebesar Rp.1300 hingga Rp.1600 tiap transaksinya,
  2. Biaya untuk Pajak Penerangan Jalan (PPJ) 10 %,
  3. Biaya pajak pertambahan nilai (PPN) 10%,
  4. Biaya materai untuk pembelian pulsa listrik sebesar Rp.300.

Di tambah lagi per bulan lalu, pelanggan listrik dengan daya 900VA yang termasuk dalam kategori Rumah Tangga Mampu (RTM) kembali terkena dampak pencabutan subsidi listrik. hal ini membuat pengeluaran anda semakin bertambah. jika ingin memangkas biaya pengeluaran terutama listrik sebagai kebutuhan primer hampir setiap orang. Berikut ini beberapa cara mengurangi biaya tagihan  pulsa listrik:

pulsa listrik

Pilihlah daya listrik sesuai kemampuan

Banyak pilihan daya listrik yang di tawarkan oleh PLN.  jika anda ingin menghemat Tagihan listrik sebaiknya anda memilih listrik sesuai dengan kemampuan, setiap pembelian pulsa listrik golongan daya listrik 450 VA atau 900 VA akan mendapat jumlah kWh listrik yang lebih banyak karena di peruntukan untuk warga yang kurang mampu, jika anda termasuk warga yang mampu  dan mendapat listrik non subsidi yang memiliki daya listrik 1300 VA, 2200 VA, 3500 VA, dan seterusnya. usahakan  perkirakan dulu berapa daya listrik yang kalian butuhkan untuk pemakaian sehari-sehari. Jika terlalu besar maka kalian bisa minta kepada kantor PLN terdekat untuk menurunkan daya listrik. Semakin besar daya listrik yang kalian gunakan semakin mahal pula harga per kWh listriknya.

Gunakan listrik prabayar

Kenapa banyak orang sekarang beralih ke sistem listrik prabayar? karena dapat mempermudah mengontrol pemakaian listrik yang disesuaikan dengan pulsa yang kalian beli setiap bulannya.

Sistem kerja listrik prabayar  berdasarkan pulsa maka saat kalian kehabisan pulsa karena pemakaian yang berlebihan maka listrik akan padam, memang ini terlihat seperti sedikit menyulitkan tetapi dengan cara ini kalian akan tau bagaimana cara mengatur alokasi listrik yang tepat untuk menghindari keborosan yang tidak perlu setiap harinya

Gunakan Lampu LED

lampu LED merupakan lampu yang memiliki keunggulan lebih hemat energi, lebih terang, tidak panas, mengasilkan warna benda yang natural dan lebih tahan lama. bisasanya dengan daya yang rendah lampu LED dapat mengasilkan warna terang. Bayangkan jika kalian mengganti 10 titik lampu di rumah menjadi berdaya lebih rendah. Sudah pasti akan terjadi penghematan listrik yang lumayan. Karena harga lampu LED dari merek ternama cukup mahal, pastikan membeli saat sedang ada promosi dalam jumlah banyak sekaligus.

Gunakan Televisi LED yang memiliki fitur hemat energy

Pilihan TV hemat energi saat ini sangat penting sebab, terkadang TV selalu menyala selama 24 jam. Otomatis. Resikonya adalah daya listrik yang harus Anda bayar menjadi membengkak.

Oleh sebab itu pilihlah TV  LED yang memiliki pemakaian daya yang rendah serta hemat energi. Jika di­bandingkan dengan TV tabung, LED TV mampu menghemat daya hingga 50 persen. Sementara, jika dibandingkan dengan LCD TV, LED TV bisa menghemat daya 20-30 persen. Hal itu disebabkan LED TV menggunakan pencahayaan dari LED yang mengkonsumsi daya listrik lebih rendah.

Gunakan AC  sesuai keperluan dan pilih ac yang hemat listrik

Kebanyakan dari anda  membeli AC  yang tidak tepat sehingga anda sendirilah yang dirugikan baik dari segi penggunaan listrik yang berlebihan dan ketidaknyamanan dari penggunaan AC tersebut. Berikut adalah 4 hal terpenting dalam membeli AC

  1. Pilih PK yang tepat untuk kebutuhan anda.
    Pastikan anda memilih PK yang tepat pada AC anda sesuai kebutuhan anda. Penggunaan yang tidak tepat akan membuat ruangan anda tidak nyaman dan penggunaan daya listrik yang berlebihan.
  2. Penggunaan Listrik.
    AC anda bekerja amat keras sehari harinya. AC yang terletak di kamar tidur bisa menyala lebih dari 9 jam sehari.  biasakanlah mematikan ac jika anda ingin keluar dari ruangan ber-AC dan pastikan ruangan ber ac anda tertutup dan tidak ada celah udara luar dan sinar matahari yang banyak masuk ke ruangan ber-AC tersebut, sebab itu akan membuat AC anda bekerja dengan keras Untuk mendinginkan ruangan itu dan membuat tagihan listrik anda semakin membengkak.
  3. Tipe Standard atau Low Watt atau Inverter ?
    Jangan salah memilih dari tiga tipe ini karena ini akan amat berpengaruh pada penggunaan listrik
  4. Fitur tambahan
    AC sekarang ini telah dilengkapi beberapa fitur tambahan seperti fitur yang dapat menghilangkan bau tidak sedap dan mengurangi virus di udara.

Hindari penggunaan pengering mesin cuci

Mengeringkan pakian dengan pengering mesin cuci akan membuat daya listrik yang di pakai di mesin cuci akan bekerja secara keras dan membuat daya listrik yang di gunakan akan semakin besar, jika anda ingin mengeringkan pakian yang habis di cuci sebaiknya  jemur pakian  selama 1-2 jam dibawah terik sinar matahari sudah mampu mengeringkan pakian  sepenuhnya. Manfaatkan sinar matahari untuk mengeringkan pakaian dari pada menggunakan pengering mesin cuci dan rasakan hematnya pengeluaran listrik.

Manfaatkan diskon pulsa listrik

Kini pulsa listrik bisa dibeli di berbagai toko online. Mereka kerap menggelar promo berupa potongan harga maupun bagi-bagi voucher. Promo semacam itu bisa dimanfaatkan untuk membeli pulsa listrik. Lumayan menghemat pengeluaran kan?

Gunakan setrika hemat listrik

Setrika adalah alat yang berfungsi sebagai pelicin  pakaian, seperti baju, celana, rok, sprai yang tentunya berbahan kain. Alat pemanas ini selain bisa merapikan pakaian juga bisa mematikan kuman dan tungau yang menempel di baju pada saat di jemur.  oleh karena itu setrika dibutuhkan oleh banyak orang. Alat ini adalah salah satu peralatan yang wajib di setiap rumah tangga.

Nah pada umumnya para ibu-ibu di rumah pasti memiliki tugas menyetrika pakaian yang banyak, setiap harinya.  Namun tidak sedikit yang mengeluhkan tagihan listrik yang membengkak. Oleh karena itu banyak yang memilih menumpuk pakaian dan menyetrika sekali seminggu. Agar tidak terlalu sering dan bisa mengehemat tagihan listrik.

Tingginya daya yang di gunakan setrika listrik mendorong para  produsen menciptakan produk  yang baru, yang tentunya lebih ramah serta dengan watt rendah. Hal ini bertujuan menjawab kebutuhan konsumen selama ini terhadap setrika listrik.

Cabut steker dari colokan ketika tidak digunakan

Nah, yang satu ini sudah jadi kebiasaan buruk banyak orang. Pastikan kalian mencabut steker peralatan listrik apapun termasuk charger ponsel yang sudah tidak digunakan.

Mencabut satu steker mungkin hematnya tak seberapa. Tapi bayangkan berapa steker yang tercolok di rumah? Hayo ngaku? Banyak kan? Jadi jangan lupa dicabut ya. Selain menghemat listrik juga untuk mencegah terjadinya korsleting listrik yang bisa berakibat kebakaran.

Semoga cara menghemat tagihan pulsa listrik tersebut dapat bermanfaat bagi anda, dan jangan lupa share artikel ini ke teman-teman anda di media sosial siapa tau bermaanfaat juga bagi teman anda!

[artikel terkait :Tips Menghemat Biaya Rumah Tangga]