Tutorial

Tips untuk Menghemat Biaya Pernikahan

Pernikahan adalah impian banyak orang, menikah dengan seseorang yang dicintai dan membina keluarga bersama adalah cita-cita setiap orang. Setiap pasangan pasti mendambakan sebuah pernikahan yang mereka impikan sedari dulu, namun semakin kesini biaya pernikahan semakin naik yang menjadikan salah satu alasan bagi pasangan untuk tidak menikah dalam waktu dekat.

menghemat biaya pernikahan

Sebenarnya walaupun biaya pernikahan semakin mahal, kita dapat mengatasinya dengan berbagai cara, nah berikut ini adalah tips menghemat biaya nikah bagi pasangan yang sudah siap untuk menikah namun tidak memiliki budget lebih :

Undangan Sekaligus Souvenir

Jika biasanya anda menemukan bahwa undangan dan souvenir diberikan pada waktu yang berbeda, yaitu undangan diberikan kepada seseorang yang diundang sebelum anda menikah dan souvenir anda berikan kepada tamu undangan saat anda menikah, sehingga anda mengeluarkan dana dua kali. Untuk hal ini anda dapat mensisatinya dengan memberikan undangan sekaligus sebagai souvenir. Sudah banyak toko-toko souvenir yag menyediakan jasa untuk pebuatan undangan sekaligus sebagai souvenir, sebagai contoh kipas, tote bag, dan lain sebagainya. Cara ini terbilang efektif untuk menghemat biaya pernikahan anda.

Undangan Online

Sebenarnya undangan pernikahan konvensional hanya dipergunakan untuk satu kali saja, undangan berguna memberitahukan kepada orang yang dituju untuk menghadiri pernikahan anda. Dibandngkan dengan undangan konvensional yang membutuhkan biaya yang cukup besar namun hanya sekali dipergunakan, sebaiknya anda dapat mencoba untuk memanfaatkan teknologi yang ada yaitu dengan menggunakan undangan online, cara ini lebih efektif untuk menghemat menghemat biaya pernikahan.

Souvenir DIY

Anda mempunyai kreatifitas dan waktu luang yang cukup? Cobalah untuk membuat souvenir sendiri, selain dapat menghemat biaya pernikahan, anda juga dapat berkreasi dengan karya anda dan juga souvenir dapat menjadi lebih berkesan karena anda sendiri yang membuatnya. Buatlah souvenir yang mudah namun tetap mempunyai kualitas yang baik seperti gantungan kunci, boneka tangan, kipas dan lain sebagainya.

Resepsi di Rumah

Biaya sewa gedung atau hotel memang cukup tinggi, jika budget anda tidak terlalu berlebih maka cobalah untuk melakukan resepsi dirumah. Jika rumah anda cukup luas, maka tidak ada salahnya untuk melakukan resepsi pernikahan. Dan untuk yang mempunyai halaman luas lebih baik untuk melakukan garden party disana.

Tamu Udangan

Untuk tamu undangan sebaiknya hanya mengundang sanak saudara atau teman dekat anda. Jika mengundang banyak orang maka untuk biaya konsumsi pun harus lebih maka dari itu untuk anda yang mempunyai budget tidak terlalu besar sebaiknya perketatlah tamu undangan.

Fotografer

Anda mempunyai saudara atau teman yang memiliki kemampuan di dunia fotografer? Jika ya, cobalah untuk meminta batuannya. Selain menghemat biaya anda juga lebih bisa mempercayainya.

Tidak Ada Acara Tradisi atau Adat

Biasanya dalam sebuah perikahan wajib untuk mengikuti acara tradisi dari salah satu mempelai atau bahkan mengikuti tradisi keduanya. Dalam tradisi atau adat memang seringkali membutuhkan dana yang lebih karena waktu, tempat, dan barang-barang yang harus sesuai dengan tradisi tersebut. Jika anda dan pasangan tidak terlalu mendetailkan acara adat maka anda dapat untuk tidak menyertakan tradisi atau adat ke pernikahan anda.

kesimpulanya:

Pernikahan tidaklah harus mewah dan meriah, yang penting berkesan dan sah dalam agama. Diatas adalah tips menghemat biaya nikah, bagi anda yang menginginkan pernikahan namun dengan biaya yang tidak terlalu mahal dapat mencoba tips diatas.

[baca juga artikel terkait: Tips Menghemat Biaya Rumah Tangga ]